Halaman


Kategori

Polda Kalbar Apresiasi Peran Senkom Mitra Polri Dalam Menjaga Kamtbmas


Pontianak - Kepolisian Daerah (Polda) Kalbar mengapresiasi peran serta Senkom Mitra Polri dalam menjaga kondusifitas situasi Kamtibmas di Kalbar.

Hal itu disampaikan Direktur Binmas Polda Kalbar, Kombes Pol Andi Harsito melalui Kasubdit Binpolmas, Kompol M.Sahid Adiwijaya saat memberikan sambutan pada acara Diklat Kamtibmas Senkom Mitra Polri, Rabu (12/6/2024).

Dijelaskan tugas Polri semakin mendapatkan tantangan yang cukup berat, sehingga salah satu strateginya mengimplementasikan community policing.
"Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, Polri dihadapkan adanya tantangan yang semakin kompleks maka strategi Pori  ialah melibatkan masyarakat untuk bersinergi dalam mengindentifikasi permasalahan yang menjadi gangguan kamtibmas," ujarnya.

Dengan kemitraan itu, diharapkan ada deteksi dini dan langkah pencegahan sehingga kamtibmas tetap terjaga.

Dia pun berharap peran Senkom Mitra Polri diperkuat dengan mendiskusikan tatkala ada perbedaan kepentingan antar kelompok. 
"Peran Senkom Mitra Polri bisa memusyawarahkan dan membahas hal-hal yang bisa mengganggu stabilitas. Termasuk ketika ada perbedaan kepentingan, sehingga tidak memicu terjadinya konflik, kekerasan atau kerusuhan," ujar M.Sahid.

Dengan pelatihan yang mengambil tema Dukung Polri mewujudkan Pilkada aman, damai dan demokratis menjadi bukti   pengabdian Senkom Mitra Polri.
 "Polri yakin dengan kekuatan dan kemampuan Senkom Mitra Polri di Kalbar, iklim politik pada Pilkada serentak ini berjalan dengan aman damai dan sejuk," tegasnya 

Sedangkan Ketua Senkom Mitra Polri Kalbar, H.Sareh menegaskan stabilitas Kamtibmas  menjadi tanggung jawab bersama, dan dibutuhkan sinergisitas setiap komponen atau lembaga.
"Senkom Mitra Polri berkepentingan agar Kalbar tetap aman, kondusif, karena stabilitas tercipta akan berdampak positif bagi aktivitas sosial ekonomi masyarakat. Ini yang menjadi tujuan kami," ujarnya.

Pelatihan ini menjadi salah satu langkah Senkom Mitra Polri dalam meningkatkan kapasitas anggotanya dalam berkiprah ditengah-tengah masyarakat. 
"Pelatihan ini menjadi nutrisi bagi anggota Senkom Mitra Polri sehingga wawasan bertambah dan menjadi bagian bekal ketika berada ditengah-tengah masyarakat saat menemukan persoalan yang menggangu kamtibmas," kata Sareh 

Selain itu, dirinya juga berterima kasih kepada Polda Kalbar yang telah memfasilitasi kegiatan ini sehingga berjalan sesuai yang direncanakan. 
"secara organisatoris, kami mengapresiasi kepada Polda Kalbar yang telah memberikan pembinaan dan menfasilitasi kegiatan pelatihan ini. Semoga kemitraan terus terjalin dan Kalbar tetap kondusif dan damai," ungkapnya (***) 

Previous
« Prev Post