Kategori

PERINGATAN HPN KALI INI, TEMA YANG DIUSUNG ADALAH “KOLABORASI MENJAGA BANGSA DENGAN INFORMASI YANG AKURAT”

 Caption : Tuturi Handayani Ketua Pelaksana HPN dan juga Kepala Perwakilan TV ONE Kalbar, Poto bersama  Wakil Ketua SMSI Kalbar


PONTIANAK –  Hari Pers Nasional (HPN) ke-39 tahun 2024 diperingati dengan tema “Kolaborasi Menjaga Bangsa Dengan Informasi Yang Akurat” yang dihadiri oleh Insan Pers Kalimantan Barat. Kegiatan ini diselenggarakan di Aula Kodam XII Tanjungpura pada hari Selasa, 5 Februari 2024.

Dalam wawancara eksklusif dengan Tuturi Handayani selaku Ketua Panitia Pelaksana, beliau menyampaikan pandangannya mengenai tantangan perkembangan teknologi dalam dunia jurnalistik.

Diai menekankan bahwa di masa depan, kemampuan media akan semakin meluas dan beragam akibat pesatnya perkembangan teknologi. Media sosial, sebagai salah satu bentuk kemajuan teknologi, membuka ruang tanpa batas bagi individu untuk menyebarkan informasi dalam berbagai bentuk. Namun demikian, fenomena informasi palsu (hoax) yang dihasilkan dan disebarkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab di media sosial tersebut menjadi ancaman serius bagi persatuan dan kesatuan bangsa.

Salah satu upaya yang diperlukan dalam menyikapi ancaman tersebut adalah perlindungan terhadap keberadaan media yang jujur dan akurat. Tuturi Handayani menegaskan bahwa sebagai insentif, pihaknya sangat mendukung diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 32 tahun 2024 tentang tanggung jawab perusahaan platform digital. Peraturan tersebut diharapkan dapat menjadi landasan hukum yang efektif untuk melindungi masyarakat dari dampak negatif informasi palsu yang tersebar di media sosial.


Dalam acara peringatan HPN ke-39, Insan Pers Kalimantan Barat menyuarakan komitmen untuk terus menjaga integritas dan profesionalisme dalam menyajikan informasi yang akurat dan bertanggung jawab. Mereka juga sepakat untuk meningkatkan kolaborasi antara media, pemerintah, dan masyarakat dalam upaya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Selain itu, semangat untuk terus menghasilkan karya jurnalistik yang bermutu dan beretika juga ditekankan dalam acara ini. Insan Pers Kalimantan Barat berupaya untuk mendorong inovasi dalam pemberitaan serta menggunakan teknologi dengan bijaksana guna memastikan informasi yang disampaikan dapat dipercaya oleh masyarakat.


Acara peringatan HPN ke-39 ini juga menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kontribusi media dalam membangun bangsa. Insan Pers Kalimantan Barat menekankan bahwa media memiliki peran strategis dalam menyampaikan informasi yang benar dan membangun kesadaran akan isu-isu penting yang memengaruhi masyarakat.

Selain itu, dalam konferensi pers setelah acara, Tuturi Handayani juga menggarisbawahi perlunya dukungan dari masyarakat dalam upaya menjaga integritas dan keberlangsungan profesi jurnalistik. Dukungan publik sangat penting dalam membantu menekan penyebaran informasi palsu dan memastikan bahwa media yang profesional dan akurat tetap menjadi sumber informasi utama bagi masyarakat.


Dengan demikian, peringatan HPN ke-39 tahun 2024 menjadi ajang penting bagi Insan Pers Kalimantan Barat untuk menyampaikan tekad dan komitmennya dalam menjaga integritas dan keberlangsungan profesi jurnalistik di tengah persaingan informasi yang semakin kompleks di era digital. Kolaborasi antara media, pemerintah, dan masyarakat diharapkan dapat menjadi landasan yang kokoh dalam memastikan informasi yang disampaikan kepada publik dapat dipercaya dan memberikan kontribusi positif bagi kemajuan bangsa.

Udien Subarie 


Previous
« Prev Post