Kategori

DANREM 121/ABW HADIRI APEL GELAR PASUKAN PENGAMANAN PEMILU TAHUN 2024


Kubu raya - Danrem 121Abw Brigjen TNI Luqman Arif., S.I.P mengikuti Apel Gelar Pengamanan Pemilu Tahun 2024 yang di pimpin langsung oleh Panglima Kodam XII/TPR Mayjend TNI Iwan Setiawan., S.E., M.M, selaku inspektur upacara yang bertempat di lapangan Tidayu Kodam XII/TPR. (Kamis, 01/02/2024)

Apel Gelar Pengamanan Pemilu Tahun 2024 ini melibatkan 983 personil yang teridiri dari TNI AU : 150 personil TNI AL : 111 personil, alusista : 107 personil dan tamu undangan : 75 org, serta 62 alusista terdiri dari kendaraan maupun senjata. Apel ini juga digelar serentak oleh jajaran TNI di seluruh Indonesia, dipimpin Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dari Silang Monas, Jakarta. 

Danrem 121/Abw Brigjen TNI Luqman Arief, S.I P., pada kesempatan ini menjeleaskan, Kegiatan ini merupakan bentuk antisipasi bila terjadi kerusuhan dalam pelaksanaan pemilu presiden dan wakil presiden serta pemilu legislatif yang akan di laksanakan 14 Februari 2024 mendatang. 

Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Iwan Setiawan, S.E., M.M., selaku Inspektur upacara dalam pengarahannya mengatakan, kesiapan TNI di wilayah Kodam XII/Tpr untuk mengamankan seluruh rangkaian Pemilu 2024 sampai dengan saat ini sudah maksimal. 


"Kesiapan kita sudah maksimal karena apel seperti ini bukan pertama kali termasuk juga telah dilaksanakan deklarasi Pemilu Damai. Ini agar Pemilu berjalan aman, lancar dan terkendali," katanya. 

Mayjen Iwan Setiawan juga menyampaikan, sesuai dengan permintaan KPU dan Pemerintah Daerah, untuk pengamanan Pemilu, Kodam XII/Tpr telah menyiapkan personel sebanyak 9.111 orang terbagi untuk wilayah Kalbar dan Kalteng. 


"Ada personel yang BKO Polri, ada pasukan cadangan dan siaga yang siap digerakkan untuk mensukseskan pesta demokrasi. Seluruh anggota, perlengkapan, kendaraan, alat komunikasi hari ini kita gelar disini. Ini sebagian kecil. Tetapi di Kodim-Kodim bersama dengan Polres juga melaksanakan apel gelar seperti ini," katanya juga. 

Pangdam mengatakan, TNI akan mengamankan seluruh tahapan Pemilu termasuk juga membantu mendistribusikan logistik Pemilu ke tempat-tempat yang sulit dan terpencil. TNI akan mengerahkan personel dan Alutsista yang dimiliki agar logistik Pemilu sampai tepat waktu. 

"Kita memiliki wilayah sungai yang begitu banyak dan panjang yang butuh sentuhan transportasi dari TNI-Polri. Kita sudah siapkan Sea Rider dan LCR untuk wilayah yang sulit. Kita akan suport dan bantu agar semua tahapan pesta demokrasi bisa berjalan lancar aman dan terkendali," tutupnya.

Apel Gelar Pengamanan Pemilu ini dihadiri oleh, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto S.E,M.SI (melalui Vicon), Pangdam XII/TPR Mayjend TNI Iwan Setiawan S.E,M.M, Kasdam XII/TPR Brigjend TNI Yutfi Senjaya S.E,M.SI, Irdam XII/Tpr Brigjend TNI Donni Hutabarat, Kapoksahli Pangdam XII/Tpr Brigjend TNI Iskandar, S. Sos., Danlanud Supadio Marsekal Pertama (Marsma) TNI Reka Budiarsa, Waka Polda Kalbar Brigjend Pol Roma Hutajulu, S.I.K., M.Si, Danlantamal XII Pontianak diwakili oleh Wadan Lantamal Kolonel Marinir Qomarudin S.E,M.M, Danrem 121/Abw Brigjend TNI Luqman Arief, S.I.P.

Sumber Penrem 121/Abw.

Previous
« Prev Post