Kategori

Wakapolda Kalbar Pimpin Kegiatan Anev Operasi Mantap Brata Kapuas 2024 polda Kalbar.


Pontianak - Polda Kalbar Dalam Kegiatan Anev Operasi Mantap Brata Kapuas,  Wakapolda Kalbar Brigjen Pol. Roma Hutajulu, S.I.K., M.Si. menekankan  beberapa poin penting yang harus ditindak lanjuti oleh seluruh personil dan para Kasatgas penanggung  jawab operasi, Kamis (18/01/2024)

Kabidhumas Polda Kalbar Kombes Pol Raden Petit Wijaya S.IK., M.M saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa kegiatan anev merupakan kegiatan rutin selama pelaksanaan Operasi Mantap Brata dimana anev ini bertujuan untuk melihat sejauh mana Perencanaan  Operasi Kepolisian sudah bisa  dilaksanakan secara baik dan efektif oleh seluruh personil yang tergabung dalam Satgas operasi atau masih ada kendala / hambatan dilapangan  untuk dicarikan solusi yang terbaik dalam menyongsong kesiapan  menjelang pelaksanaan Pemilu 2024.

"Dalam pelaksanaan  kegiatan Operasi mantap brata ini sangatlah penting untuk  dilakukan pemetaan terhadap seluruh potensi permasalahan  yang ada di setiap daerah operasi, apabila  ada perkiraan potensi besarakan  terjadinya kerawanan konflik kita  sudah bisa mengantisipasinya sehingga tidak terjadi gangguan keamanan selama proses pemilu 2024 berlangsung di wilayah hukum polda Kalbar" ucap  Kombespol R . Petit Wijaya

Dalam kesempatan anev tersebut  Wakapolda Kalbar yang bertindak sebagai pimpinan anev  menyampaikan beberapa penekanan penting diantaranya: 

 - Proses transfer pengetahuan dan pemahaman terkait pola pengamanan TPS agar dipahami oleh seluruh personel yang melaksanakan pengamanan. 
Hal ini penting untuk memastikan bahwa seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan TPS mengerti dan  memiliki pemahaman yang sama tentang tugas dan tanggung jawabnya.

- Anggota yang BKO dari Polda ke daerah diperuntukkan pada daerah perkotaan. Hal ini dilakukan untuk memudahkan mobilisasi dan koordinasi personel dilapanga

- Para Kapolres agar melakukan briefing terkait situasi medan area pengamanan  kepada anggota, dan memberikan arahan pada anggota yang BKO untuk melaksanakan tugas-tugas apa. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan personel dan mencegah terjadinya gangguan keamanan.

- Untuk mempermudah koordinasi dan meperlancar Komunikasi antar personil Satgas OMB  dilapangan, Penggunaan HT  merupakan  peralatan yg efektif dan sangat penting untuk selalu diperhatikan dan selalu dicek kondisinya.

Semua  poin-poin penekanan tersebut, merupakan aspek-aspek penting, seperti pemahaman personel, mobilitas personel, kesiapsiagaan personel, dan komunikasi antar personel sebagai bahan  utuk mengukur sejauhmana kesiapan kita dalam  melaksanakan pelaksanaan pemilu 2024.

"Kegiatan Anev dapat dilakukan secara berkala untuk memantau perkembangan pelaksanaan operasi. Hal ini akan membantu Polda Kalbar dalam mengambil langkah-langkah korektif yang diperlukan.
Disamping itu Anev seperti ini juga  dapat melibatkan unsur-unsur lain, seperti TNI, Bawaslu, dan KPU serta  stakeholder lainnya untuk meningkatkan sinergitas antar instansi dalam pengamanan Pemilu 2024 dengan  melihat situasi dan kebutuhan dilapangan." Tutup Wakapolda Kalbar.

Wakapolda Kalbar juga  mengucapkan terimakasih kepada seluruh personel Satgas OMB Kapuas yang telah menjalankan tugas dengan baik dari tahap awal operasi sampai   akhir operasi berlangsung

Sumber : Humas Polda Kalbar 

Previous
« Prev Post