Kategori

BUPATI SINTANG LAUNCHING RUMAH SAKIT UMUM DAERAH "DARA NIMPAI" KECAMATAN SERAWAI


Sintang - Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M.Med.PH, melaunching Rumah Sakit Umum Daerah "Dara Nimpai" Kecamatan Serawai, yang ditandai dengan penandatanganan prasasti, dan pengguntingan pita bersama dengan Wakil Bupati Sintang, Melkianus, S.Sos, bertempat di Kecamatan Serawai, Kabupaten Sintang, Sabtu, 27 Januari 2024. 
Dalam sambutannya, Bupati Sintang, Jarot Winarno, menyampaikan bahwa kehadiran Rumah Sakit di Kecamatan Serawai ini untuk melayani masyarakat Serawai Ambalau, "Kecamatan Serawai adalah buah hati saya, maka saya dirikan Rumah Sakit di Kecamatan Serawai ini, untuk melayani masyarakat Serawai dan Ambalau, mengingat Kecamatan Serawai dan Kecamatan Ambalau ini sangat jauh sehingga harus ada rumah sakit yang saya dirikan, dan hari ini Alhamdulillah telah menjadi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) tipe D dengan nama sementara Dara Nimpai", ucap Bupati Sintang. 

"Kecamatan Serawai sekarang sudah semakin maju, untuk kondisi sekitar Rumah Sakit sudah ada pagarnya bagus, ruangan sudah bagus, ditambah listrik juga sudah masuk, sangat maju perkembangannya, saya pastikan ada pembangunan di Kecamatan Serawai", tambah Bupati Sintang. 

Menjelang Pemilu, Bupati Sintang berpesan kepada masyarakat Kecamatan Serawai untuk tetap menjaga kerukunan dan situasi yang kondusif, "jelang Pemilu dan Pilkada saya minta masyarakat Kecamatan Serawai tetap rukun, tetap damai, jadikan tahun Pemilu 2024 ini dengan kondisi yang damai", pesan Bupati Sintang. 

Sementara itu, Wakil Bupati Sintang, Melkianus, menyampaikan pesan untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan bersama-sama menjaga aset bangunan Rumah Sakit Umum Daerah Serawai, "dengan naiknya kelas Rumah Sakit ini, kami berharap pelayanan harus seiring dan sejalan, jangan hanya naik kelasnya saja, tetapi pelayanannya tidak meningkat dan tidak seiring sejalan serta seimbang, kepada seluruhnya, marilah kita bersama-sama menjaga aset bangunan Rumah Sakit Umum Daerah ini dengan baik, agar Rumah Sakit yang megah ini dapat memberikan kenyamanan  kepada masyarakat dan para tenaga kesehatan dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, masyarakat Kecamatan Serawai harus bangga dengan kehadiran RSUD di Kecamatan Serawai ini", ucap Wakil Bupati Sintang. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, H. Edi Harmaini, menyampaikan ucapan terimakasih atas raihannya kenaikan kelas Rumah Sakit di Kecamatan Serawai, "saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran RSUD Serawai dan seluruh masyarakat Serawai dan Ambalau yang telah berperan aktif dalam mendukung penuh upaya pemerataan dan peningkatan pelayanan kesehatan melalui peningkatan tipe Rumah Sakit di Kecamatan Serawai, dari Rumah Sakit Pratama menjadi Rumah Sakit Umum Daerah Serawai, adapun tingkatan tipe atau kelas rumah sakit, bermula dari Puskesmas naik menjadi RS Pratama, kemudian RSUD tipe D, RSUD tipe C, RSUD, tipe B, RSUD tipe A", ucap H. Edi Harmaini. 

Lanjut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang dalam sambutannya, menyatakan bahwa peningkatan atau kenaikan kelas Rumah sakit Pratama menjadi RSUD merupakan upaya pemerataan pelayanan kesehatan, "peningkatan tipe Rumah Sakit ini merupakan entry point dalam upaya Pemerintah Kabupaten Sintang dalam memberikan pelayanan dan pemerataan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah Kecamatan Serawai dan Kecamatan Ambalau yang secara kualitas masih bersifat mendasar,oleh karena itu berkat dorongan dari semua pihak, RS Pratama yang sudah berdiri kurang lebih hampir 7 tahun, sekarang ditingkatkan menjadi RSUD", sambungnya.

"berbagai tantangan dan kendala pasti ada, seperti terkait aksesbilitas dari dan menuju ke fasilitas kesehatan ini, sarana dan prasarana serta sumber daya manusianya, tantangan ini akan kita hadapi dan kita carikan solusinya dalam rangka sebagai salah satu penyediaan pelayanan kesehatan agar semakin berkualitas, semakin maju, serta meningkatnya pelayanan kesehatan di RSUD kepada masyarakat", ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang.

Sumber : Prokopim Sintang. 

Previous
« Prev Post