Kategori

Kades Merti Guna Optimalisasi Program Pemberdayaan Masyarakat.


sintang - Pengurangan anggaran, khususnya Dana Desa (DD) selama pandemi masih terdampak terhadap Pemerintahan Desa hingga Tahun 2023 ini, meskipun saat ini status terhadap wabah virus pandemi covid-19 telah dicabut Pemerintah Pusat.

Sejak terpilih sebagai Kepala Desa Merti Guna, melalui Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Sintang Tahun 2020, Jubir mengaku belum dapat berbuat banyak dalam meningkatkan ekonomi masyarakat.kita masih mempelajari jika nanti terbentuk Bumdes, bahanapa yang akan kita kelola dan berdayakan yang bisa mengangkat tarap hidup masyarakat di Desa Merti Guna, tentunya kita harus memberdayakan Sumber kekayaan yang ada DiDesa kita ini.

"Saya sebagai orang baru tentunya belum dapat berbuat banyak, kita masih fokus melanjutkan program Desa sebelumnya", ujar Jubir.

Namun walaupun demikian, Kepala Desa Merti Guna ini berjanji akan melakukan intervensi terhadap program atau kegiatan yang bersentuhan langsung terhadap aktivitas ekonomi masyarakat.

"Disisi lain saya akan mengoptimalisasikan APBDesa dengan melakukan intervensi terhadap kegiatan-kegiatan pemberdayaan masyarakat, karena itu amanah undang-undang", ujar Jubir.

Kepala Desa Merti Guna Jubir juga mengatakan akan merancang pendirian Bumdes sebagai sumber PAD bagi Desa  Marti Guna.kedepannya

"Untuk jangka menengah, Desa Merti Guna akan mendirikan Bumdes, jika tidak ada kendala, ini sebagai langkah kita supaya Desa Merti Guna mendapat PAD sendiri", lanjut Jubir.

*Jika mendapat dukungan dari masyarakat dan BPD, maka secara pribadi saya sangat optimis Bumdes dapat berkembang, sebab ada sumber daya alam di Desa Merti Guna yang dapat kita kelola/Edy 


Previous
« Prev Post