Kategori

Asisten Ekbang Hadiri Puncak HUT Forum Anak Indonesia Tingkat Kabupaten Sintang


Sintang - Bupati Sintang yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yustinus J, S. Pd. M.A.P menghadiri peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2021 dan Hari Ulang Tahun yang ke 18 Forum anak Indonesia di Aula CU Keling Kumang pada Sabtu, 14 Agustus 2021. Tema Hari Anak Nasional Tahun 2021 adalah Anak Terlindungi, Indonesia Maju. 

Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2021 tersebut diselenggarakan oleh Forum Anak Kabupaten Sintang Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yustinus J, S. Pd. M.A.P menerima harapan  Suara Anak dari Kecamatan Sepauk dan Kecamatan Sintang. Hadir dalam acara tersebut pengurus dan anggota Forum Anak Kabupaten Sintang.

Dalam kesempatan tersebut Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yustinus J, S. Pd. M.A.P menerima 10 suara harapan dari Forum Anak Kabupaten Sintang yang diserahkan oleh Alma Ketua Forum Anak Kabupaten Sintang. Adapun isi suara harapan Forum Anak Kabupaten Sintang adalah menginginkan Pemerintah Kabupaten Sintang untuk menggalakan Sosialisasi Pola Asuh Positif Kepada Orang Tua, menginginkan Pemerintah Kabupaten Sintang untuk Mengoptimalkan pelayanan jemput bola kaitannya dengan Pembuatan Akta Kelahiran, menginginkan Pemerintah Kabupaten Sintang untuk menggalakan sosialisasi
Mental Health anak kepada Orang Tua,  menginginkan Pemerintah Kabupaten Sintang melakukan pengawasan berkala Terhadap Kinerja Guru di masa Pandemi, menginginkan Pemerintah Kabupaten Sintang untuk memberikan bantuan Biaya Pendidikan pada Jenjang SD dan SMP.

Anak-anak di Kabupaten Sintang menginginkan Pemerintah Kabupaten Sintang untuk memberikan Sosialisasi Bahaya Kekerasan Fisik Kepada Orang Tua, menginginkan Pemerintah Kabupaten Sintang untuk lebih tegas mengambil tindakan hukum dalam kasus anak bullying maupun cyberbullying, menginginkan Pemerintah Kabupaten Sintang menyediakan Layanan Konseling gratis untuk Anak, menginginkan Pemerintah Kabupaten Sintang menyediakan fasilitas (Taman Bermain) yang ramah anak di Kecamatan dan menginginkan Pemerintah Kabupaten Sintang untuk memperhatikan kebutuhan anak-anak” terang Alma

Sementara Valentina Ketua Forum Anak Kecamatan Sepauk periode 2021-2023 yang pelajar SMA Negeri 1 Sepauk menyerahkan suara harapan Forum Anak Kecamatan Sepauk kepada Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yustinus J, S. Pd. M.A.P. adapun isi suara harapan dari Forum Anak Kecamatan Sepauk adalah Kami Forum Anak Kecamatan Sepauk meminta agar pemerintah menyediakan fasilitas/ taman bermain yang ramah anak, Kami Forum Anak Kecamatan Sepauk meminta agar pemerintah melakukan psikoedukasi serta kampanye tentang dampak pernikahan anak kepada orang tua dan anak sehingga dapat memahami dampak dan bahaya pernikahan anak. 

“Kami Forum Anak Kecamatan Sepauk meminta agar pemerintah memastikan semua anak wajib belajar 12 tahun dan memperhatikan keadilan bantuan pendidi⁸kan untuk anak-anak kurang mampu, Kami Forum Anak Kecamatan Sepauk meminta pemerintah memastikan agar semua anak mendapatkan akta kelahiran, Kami Forum Anak Kecamatan Sepauk meminta diadakan lomba atau pentas seni budaya baik secara online ataupun offline sehingga anak-anak tetap mencintai budaya lokal Sepauk dan Kami Forum Anak Kecamatan Sepauk mengusulkan adanya TPS di setiap desa” terang Valentina 
Ketua Forum Anak Kecamatan Sepauk periode 2021-2023.

Usai menerima suara harapan dari Forum Anak Kabupaten Sintang dan Forum Anak Kecamatan Sepauk, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yustinus J, S. Pd. M.A.P menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Sintang sangat mengapresiasi atas keaktifan mereka dalam menyuarakan kepentingan anak-anak di Kabupaten Sintang. 

Pemkab Sintang sangat mengapresiasi kepada Forum Anak Kabupaten Sintang yang menyelengarakan kegiatan puncak Hari ulang tahun Forum Anak Kabupaten Sintang ini. Tentu kita terus mendorong agar anak-anak kita terus berkreatifitas dalam rangka mengaktualisasikan potensi-potensi yang ada pada anak-anak kita. Dan kami yakin nanti dengan sendirinya anak-anak kita akan terhindar dari hal-hal yg negatif. Bagi Pemkab Sintang, ditangan mereka jugalah pembangunan Sintang ini kedepannya. Oleh karena itu mari kita terus  dorong dan memberikan motivasi, serta  semanagat kepada anak-anak kita secara khusus Forum Anak Kabupaten Sintang” terang Yustinus J

Soal suara harapan yang disampaikan oleh Forum Anak Kabupaten Sintang dan Forum Anak Kecamatan Sepauk ini. Tentu akan kami sampaikan kepada Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang yang menjadi mitra Forum Anak dan OPD yang sesuai dengan tuntutan forum anak.  

Harapan agar seluruh anak di Kabupaten Sintang sudah mendapatkan hak atas akte kelahiran, nanti kita akan cek ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sintang, sudah berapa persen anak-anak di Kabupaten Sintang yang sudah mendapatkan akta kelahiran. Dan harapan lain yang disampaikan forum anak, akan ditindaklanjuti oleh OPD yang bersangkutan” terang Yustinus J (Red)

 

Previous
« Prev Post