Kategori

LAKA LANTAS SEBABKAN ANGKA KEMATIAN PALING TINGGI, KASAT LANTAS POLRES SINTANG INGATKAN WARGA


Sintang - Laka lantas merupakan salah satu kejadian yang banyak kita temui akibat daripada kelalaian dalam berkendara, tak jarang juga ditemui kejadian serupa yang sampai memakan korban jiwa bagi pengendara atau kerugian material yang cukup besar.

Seperti yang dialami oleh Warga Dusun Sempreni Desa Mengkirai Jaya Kec. Dedai, Antonia Pengki (20) akibat tidak memperhatikan arus lalu lintas ketika hendak menyeberang sehingga  mengakibatkan dirinya bersenggolan dengan sebuah dump truck dan mengakibatkan dirinya Meninggal dunia dan 
total kerugian materiil mencapai Lima Juta Rupiah.

Kronologi berawal dari Sepeda Motor Honda dengan nomor Plat KB 5654 RI yang dikendarai oleh Sdr Antonia Pengki saat hendak berbelok tidak memperhatikan arus lalu lintas dari arah berlawanan serta tidak mengnyalakan lampu sein berbelok. Sementara itu Mobil Dump Truck dengan nomor plat KB 9907 FD yang dikemudikan oleh Sdr Bagus Suwito berjalan dari arah sebaliknya dimana ketika Sdr Antonia Pengki hendak berbelok dan tidak memberikan isyarat lampu sein serta memperhatikan situasi sekitar terjadilah senggolan antara kendaraan sepeda motor dan dump truck yang tak dapat dihindari menyebabkan pengendara sepeda motor terpental dan meninggal dunia.

Di lain sisi hal yang sama juga dialami oleh kedua pengendara sepeda motor yaitu sdr Tugiman dan sdr Alfian yang merupakan warga Kecamatan Tempunak. Kecelakaan sendiri disebabkan tabrakan lawan arah dimana salah satu pengendara memasuki jalur berlawanan sehingga menyebabkan kedua pengendara sampai terlempar dari jalur.

Pada kecelakaan tersebut Sdr Tugiman mendapatkan luka berat dan langsung dilarikan ke Rumah Sakit namun tak lama setelah mendapat perawatan dirinya pun menghembuskan nafas terakhir. Dari kecelakaan tersebut kerugiaan materiil sekitar satu juta rupiah.

Laka lantas merupakan salah satu penyumbang angka kematian yang cukup besar setiap tahunnya, hal tersebut tak jarang kita jumpai disebabkan oleh human error atau kelalaian sang pengendara.

Kasat Lantas Polres Sintang AKP. Refandri Meidika Putra, S.I.K mengomentari kasus laka lantas yang terjadi dan tak lupa memberikan pesan kepada seluruh masyarakat Sintang untuk selalu disiplin Dalam berlalu lintas dan berhati-hati serta tetap mematuhi aturan berlalu lintas yang baik dan benar saat berkendara.

“Dari laka lantas yang sudah-sudah, saya ingatkan masyarakat khususnya di Kabupaten Sintang lebih berhati-hati saat berkendara karena Kecelakaan ini faktornya banyak tapi kelalaian pengendara atau pengemudi saat dijalan merupakan salah satu penyumbang terbesar kecelakaan lalu lintas sehingga tidak sedikit juga kecelakaan seperti ini sampai mengakibatkan korban jiwa dan kerugian material yang cukup besar," ujar Kasat Lantas AKP Refandri.

Sumber : Humas Polres Sintang.

Previous
« Prev Post