DENPAL XII/I SINTANG TERIMA SENJATA API RAKITAN DARI SATGAS PAMTAS 407/PK


 Sintang -  Detasemen Peralatan (Denpal) XII/ I Stg telah menerima penyerahan  senjata laras panjang jenis lantak, Granat dan Munisi dari Satgas Pamtas 407/PK Di depan kantor Denpal  XII/I Stg jln Alambana Sintang, Selasa (25/05/2021).

Satgas Pamtas dari Yonif 407/PK telah melaksanakan tugas pengamanan perbatasan Indonesia Malaysia disektor Timur Kalimantan Barat. Pamtas ini bertugas kurang lebih 9 bulan, selama bertugas Yonif 407/PK disamping mengamankan patok perbatasan juga telah berhasil mengamankan barang barang ilegal, diantara ilegal fishing, PMI/TKI. 

Dan juga selama bertugas juga berhasil memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahayanya menyimpan senjata illegal. Sebagai tanda bukti bahwa pasukan Pamtas Yonif 407/PK berhasil mengumpulkan senjata rakitan sebanyak 209 pucuk dan munisi 167 butir.

Penyerahan senjata api berbagai jenis dari masyarakat sekitar perbatasan RI-Malaysia secara sadar, hal ini tidak terlepas dari peran para Prajurit Pamtas Yonif 407/PK yang berhasil memberikan pengertian dan sosialisasi kepada masyarakat sekitar tentang larangan dan hukum memiliki senjata api.

Menurut Danyonif 407/PK Letkol Inf Catur Irawan, S.I.P.,M.I.P. mengatakan," Saya ucapkan banyak terimakasih kepada masyarakat atas kesadaran sendiri tanpa paksaan berkenan untuk menyerahkan senjata kepada kami, karena menyimpan senjata dan munisi secara illegal bisa di kenakan hukuman, dan ini sangat berbahaya," tutur Danyonif

Lebih lanjut ini juga berkat Komsos anggota kami Satgaspamtas RI Malaysia kepada masyarakat, dengan mengadakan sosialisasi, pendekatan kekeluargaan maka masyarakat mau menyerahkan senjata yang dia miliki, kemudian senjata dan munisi sebelum kami kembali ke homebase, karena sebentar lagi akan purna tugas sebagai pasukan Pamtas, barang ini langsung kami serahkan kepada Denpal XII/I Sintang untuk dimusnahkan," jelasnya.

Sementara itu Wadan Denpal XII/I Sintang Mayor Cpl Hani Surya Adi Wicaksono, ST saat dikonfirmasi mengatakan bahwa," Denpal telah menerima berbagai jenis senjata rakitan dari Satgas Pamtas Yonif 407/PK, untuk senjata sebanyak 209 pucuk dan munisi 167 butir. Senjata ini langsung kami musnahkan dengan cara dipotong- potong, sedangkan untuk munisi masih disimpan untuk dimusnahkan dikemudian hari," jelas Mayor Cpl Hani

Kegiatan penyerahan senjata dan munisi ini diawali dengan pengecekan secara fisik dan penandatanganan berita acara oleh pihak Yonif 407/PK yang diwakili Pasiops Letda Inf Rhoni Atul Faseh dan Wadan Denpal XII/I Sintang Mayor Cpl Hani Surya Adi Wicaksono, ST.

Sumber Berita : Penrem 121/Abw.

Previous
« Prev Post