Babinsa Koramil 03/Ketungau Hilir, Panen Padi dengan Sistem "TABELA"

SINTANG – Babinsa 1205- 03/Ketungau Hilir bersama masyarakat di Desa Sejirak melaksanakan panen padi yang menggunakan sistem penanaman "TABELA", pada Jumat (12/03/2021).

Babinsa Koramil 03/Ketungau, Serda Andi, mengatakan bahwa, TABELA adalah Tanam Benih Langsung, penanaman padi menggunakan sistem TABELA ini sangat mudah dan murah, tentunya tidak memakan waktu yang lama, prosesnya sangat mudah, menggunakan system tanam benih tanpa penyemaian bibit padi, ujarnya.

Untuk penanaman padi ini tidak di daratan, melainkan di sawah, biasanya jika kita menanam padi disawah  harus kita semaikan terlebih dahulu dan membutuhkan waktu 13-14 hari, dengan TABELA lebih mudah dan cepat, lanjut Babinsa.

Sementara itu Kades Sejirak, Bapak Murjani mengatakan, padi yang kami tanam menggunakan system TABELA ini sangat cepat untuk dipanen, waktunya hanya 90 hari sudah siap panen, ini lebih cepat dari  padi pada umumnya yang 110-115 hari, cara TABELA sangat menguntungkan dan lebih efektif.

Sistem tanam padi TABELA ini sudah diperkenalkan pada 5 tahun yang lalu, namun kami baru mencobanya pada tahun ini, luas lahan  percobaan tanam tabela ini kami hanya menggunakan 1 hektar saja, dan kami sudah panen, hasilnya sangat memuaskan keuntungan kami juga lumayan dari tahun lalu, dan kami akan melanjutkannya di tahun - tahun berikutnya, tutup Kades Sejirak.

Sumber : Penrem 121/Abw.

 

Previous
« Prev Post