RESES ANGGOTA KOMISI II DPR RI, CORNELIS KUNKER KE POLRES SINTANG


SINTANG - Anggota Komisi II DPR RI Drs. Cornelis, M.H. didampingi Welbertus, S.Sos,Anggota DPRD dari Fraksi PDI Perjuangan Kabupaten Sintang, melakukan kunjungan kerja reses kesiapan Pilkada Serentak tahun 2020 di Mapolres Sintang, Kamis (15/10/2020).


Dalam kunjungan kerja reses ini, Anggota DPR RI  dari Fraksi Partai PDI Perjuangan tersebut disambut oleh PLH Kapolres Sintang AKBP Imam Riyadi, SIK. M.H berserta Pejabat Utama jajaran polres Sintang di Lobby Mapolres Sintang dan selanjut memasuki Ruang Aula Polres Sintang, Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo Sintang Kabupaten Sintang, Propinsi Kalimantan Barat.

"Saya selaku anggota dari Komisi II DPR RI  meninjau langsung  bagaimana Kesiapan Pengamanan yang dipersiapkan kan oleh teman-teman dari Kepolisian khususnya di Polres Sintang, sehingga nantinya proses pengamanan berjalan dengan aman, damai, lancar dan kondusif," ujar Drs. Cornelis, M.H.

Cornelis berharap pilkada di Kabupaten Sintang dapat berjalan optimal serta masyarakat sehat dan tidak terjangkit covid-19. Disamping itu, bagaimana peran Kepolisian dalam mengamankan Pilkada tahun 2020 tetap mengedepankan protokol kesehatan serta mengantisipasi kerawanan kerawanan pada saat Pilkada.

Pada kesempatan itu juga, Anggota Komisi II DPRI dari Partai PDI Perjuangan  ini, mengapresiasi terhadap kesiapan Polres Sintang dalam pengamanan Pilkada serentak tahun 2020 di Kabupaten Sintang.

"Kunjungan kerja ini adalah bagian dari fungsi DPR RI untuk melakukan pengawasan dalam penyelenggaraan pemerintahan, sebagai anggota Komisi II DPR RI sekaligus Anggota Panitia Kerja RUU pemilu yang bermitra kerja dengan Kementerian Dalam Negeri, Komisi Pemilihan Umum, Badan Pengawas Pemilu, Serta Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu melaksanakan kunjungan kerja guna memastikan bahwa Kabupaten Sintang sudah siap melaksanakan Pilkada sesuai PKPU nomor 13 Tahun 2020 dengan mengedepankan protokol kesehatan pada masa pandemi covid 19," ujar Cornelis.

Dirinya juga berharap Pilkada 2020 di Kabupaten Sintang berjalan optimal serta masyarakat sehat dan tidak terjangkit covid-19. Disamping itu, bagaimana peran Polres Sintang dalam mengamankan Pilkada tahun 2020 mengedepankan protokol kesehatan serta mengantisipasi kerawanan - kerawanan pada saat pelaksanaan Pilkada.

"Untuk itu kita semua supaya menyiapkan APD dan mengikuti protokol kesehatan dalam pelaksanaan pilkada tahun 2020 agar kita terbebas dari segala penyakit. Maka dari itu, Pilkadanya tetap berjalan dan juga aman," himbau Cornelis

Dalam melakukan Pengamanan di Pilkada serentak tahun 2020, AKBP Imam Riyadi, SIK, M.H menyampaikan, Personil Polres Sintang saat ini berjumlah 568 personil baik yang terdiri dari Polres sebanyak 287 personil dan sisanya sebanyak 281 personil tersebar di 14 polsek jajaran dengan jumlah 14 Kecamatan dan 406 desa/kelurahan.

Dan  terkait pelaksanaan tahapan Pilkada yang sudah berlangsung sebelumnya, sebut PLH Kapolres, semua dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan jadwal dari KPU. Dan Polres Sintang sudah mempersiapkan perlibatan kekuatan personil beserta dengan unsur terkait guna mewujudkan situasi kamtibmas aman dan kondusif serta tetap mengantisipasi terhadap kerawanan yang terjadi pada setiap tahapan dengan mengedepankan upaya pre emtif dan preventif.

"Untuk jumlah TPS, dalam pelaksaan Pilkada Bupati Sintang tahun 2020 di wilayah Kabupaten Sintang berjumlah 1.186 TPS," ucap AKBP Imam Riyadi.

Saat ini, jelas AKBP Imam Riyadi,SIK, M.H, Polres Sintang dan jajaran masih terus melakukan giat Pengamanan Kampanye dari masing-masing Paslon peserta Pemilu, dimana untuk Kabupaten Sintang ada Tiga Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati.

"Langkah-langkah kami dalam mengantisipasi pelaksanaan Pilkada tahun 2020 di Kabupaten Sintang selama masa pandemi ini yaitu agar seluruh penyelenggara pilkada dan masyarakat yang akan mengikuti giat Kampanye untuk selalu mematuhi dan mengedepankan  protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah," ujarnya.

Masih menurut AKBP Imam bahwa selain kesiapan Personil, Polres Sintang juga telah menggelar Kesiapan Sarana dan prasarana pendukung Pelaksanaan Pilkada Tahun 2020 di Kabupaten Sintang, bahkan untuk kesiapan pergeseran Logistik juga Polres Sintang sudah mempersiapkan baik lewat darat dan air.

"Alhamdulillah, selain kesiapan Personil,  polres Sintang juga telah mempersiapkan sarpras dan nantinya untuk pergeseran Logistik kita sudah persiapkan semua," pukasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakapolres Sintang KOMPOL Alber  Manurung, SH,SIK, Para Kabag, Kasat, Kasi dan Perwira Staf Polres Sintang.(*)

Sumber berita : Humas Polres Sintang.

Previous
« Prev Post