HEADLINE NEWS

Kategori

ASISTEN 2 BUKA LOMBA PENILAIAN SEKOLAH SEHAT

Sintang,suarasintang.com.Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, H. Henri Harahap dalam hal ini mewakili Bupati Sintang membuka kegiatan penilaian lomba sekolah sehat tingkat Provinsi Kalimantan Barat, bertempat di Aula SMK Kartini, Jalan W.R Supratman Sintang, pada hari Senin (15/10/2018).
Dalam kesempatan tersebut, hadir juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr.Harysinto Linoh, MM, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang, Lindra Azmar.
Dalam sambutan Bupati Sintang yang dibacakan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, H. Henri Harahap mengatakan bahwa kegiatan lomba penilaian sekolah sehat ini merupakan salah satu program yang mensinergikan antara sektor pendidikan dengan sektor kesehatan, “jadi saya kira ini sangat penting karena bertujuan meningkatkan kemampuan dan kebiasaan hidup sehat anak usia sekolah dalam rangka pembentukan manusia Indonesia seutuhnya, dan juga dengan sekolah sehat ini juga dapat membantu Pemerintah dlaam menurunkan angka kesakitan anak sekolah”, kata H. Henri Harahap.
Menurut Asisten 2 tersebut, kegiatan lomba penilaian sekolah ini juga mengaitkan dan tercantum didalam komponen Visi pembangunan daerah Kabupaten Sintang, “ini ada dalam Visi Pemerintah Kabupaten Sintang yaitu Mewujudkan masyarkat Kabupaten Sintang yang cerdas dan sehat maka dipandang perlu dilaksanakan agar menjadi kebiasaan hidup sehat bagi anak-anak kita”, tuturnya.
Asisten menambahkan bahwa dengan kegiatan lomba penilaian sekolah sehat tingkat Provinsi Kalimantan Barat pada sekolah yang bersangkutan untuk tidak hanya mengejar juara semata-mata, “jadi justru yang paling terpenting adalah sisi dan dampaknya, sehingga program sekolah sehat yang diselenggarakan ini dapat bermanfaat bagi untuk kita semua”, tambahnya.
“saya berharap kepada tim juri lomba untuk dapat bekerja secara profesional, lihatlah dengan cermat semua aspek dan kriteria penilaian lomba ini kepada locus lomba yang ada, sehingga penilaian yang objektif dapat ditegakkan”, harap Henri Harahap dalam sambutan Bupati Sintang.
Sementara itu, Ketua Tim Penilai Sekolah Sehat, sekaligus juga Pengawas Sekolah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat, Bartolomeus menjelaskan apa saja yang telah dilakukan oleh tim penilai sekolah sehat selama di Kabupaten Sintang, “perlu diketahui bahwa kami dari tim penilai sekolah sehat pada hari ini juga telah melakukan penilaian sekolah sehat untuk di tingkat Taman Kanak-Kanak, sasaran yang kami tuju adalah TK. Bhayangkari Sintang dan untuk tingkat menengah keatas sasaran kami adalah SMK Kartini Sintang, kemudian kami dari tim penilai setelah dari Kabupaten Sintang akan bertolak menuju ke Kabupaten Melawi untuk melakukan penilaian sekolah sehat”, kata Bartolomeus.
Masih kata Ketua Tim Penilai Sekolah Sehat memaparkan bahwa tim penilai dari Provinsi Kalimantan Barat membawa beberapa orang yang terdiri dari beberapa dinas instansi terkait dengan sekolah sehat, “kami membawa 5 orang tim penilai dari Provinsi, ada yang dari dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar, Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Kemenag Kalbar, Biro Kesra Pemprov Kalbar, dan PKK Prov. Kalbar”, tutur Bartolomeus.
Bartolomeus memberikan apresiasi kepada Kabupaten Sintang atas partisipasinya mengikuti kegiatan penilaian sekolah sehat serta Bartolomeus mengharapkan Sintang bisa menjadi juara sekolah sehat tingkat Provinsi Kalimantan Barat, “harapan kami dengan adanya penilaian sekolah sehat ini tentunya penyelenggaraan UKS harus bisa masuk ranah juara untuk mewakili Kabupaten Sintang dalam hal sekolah sehat tingkat Provinsi Kalimantan Barat, bahkan kalau bisa ke mewakili Sintang di tingkat Nasional, serta kepada stakeholder khususnya Instansi Pemerintah yang menaungi sekolah sehat ini agar kedepannya sekolah-sekolah yang dijadikan acuan sekolah sehat untuk dapat memberikan dorongan agar sekolah-sekolah yang menjadi sasaran sekolah sehat dapat berubah secara signifikan, dan saya apresiasi Kabupaten Sintang karena partisipasi dalam sekolah sehat ditingkat Provinsi Kalimantan Barat sangat tinggi.//HMS/sg

Previous
« Prev Post