Kategori

Terdapat Unjuk Rasa di Monas, Polri Terapkan Rekayasa Lalu Lintas


Jakarta - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) bersama TNI dan stakeholder terkait (Satpol PP dan Dishub) hari ini menggelar pengamanan aksi unjuk rasa di sekitaran Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Pengamanan ini dilakukan untuk menjaga kelancaran jalannya aksi dan keamanan masyarakat.

“Pada hari ini, 19 April 2024, sedang berlangsung pengamanan penyampaian pendapat di sekitaran Monas,” ujar Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko dalam keterangan persnya di Gedung Divisi Humas Polri, Jakarta, Jumat (19/4/2024).

Sebanyak 2.713 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan aksi unjuk rasa ini. Petugas gabungan tersebut terdiri dari TNI-Polri, Satpol PP, dan Dishub.

“Rekayasa lalu lintas dilakukan situasional tergantung kondisi di lapangan,” jelas Brigjen Pol. Trunoyudo.

Beberapa ruas jalan di sekitar Monas akan ditutup dan dialihkan, antara lain:

TL. Harmoni yang mengarah ke Jl. Merdeka Barat ditutup dan dialihkan ke Jl. Kesehatan;
Jl. Perwira yang mengarah Jl. Merdeka Utara ditutup dan jalur dialirkan kearah Istiqlal dan lapangan Banteng;
TL. Thamrin ditutup dan dialihkan ke Jl. Kebun Sirih yang mengarah ke Senen dan Jl. Abdul Muis;
Masyarakat yang akan melintas di sekitar Monas diimbau untuk mencari jalan alternatif guna menghindari kemacetan.
Brigjen Pol. Trunoyudo juga mengingatkan kepada para peserta aksi unjuk rasa untuk menyampaikan pendapatnya dengan tertib dan damai.

“Siapa saja yang akan menyampaikan pendapat di muka umum, sebagaimana diatur dalam undang-undang penyampaian pendapat hak setiap warga negara, tentunya harus memperhatikan hak-hak masyarakat lainnya, sehingga aturan dalam undang-undang penyampaian pendapat di muka umum harap di patuhi supaya semua kegiatan berjalan dengan aman dan kondusif,” tegasnya.

Lebih lanjut, Brigjen Pol. Trunoyudo menyampaikan pesan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam momentum pasca Idul Fitri ini.

“Bapak Kapolri juga mekankan dalam momentum pasca Idul Fitri untuk mempererat persatuan di tengah perbedaan, serta saling menjaga kesatuan dan persatuan,” pungkasnya.

Sumber : Divisi Humas Polri

Previous
« Prev Post