Kategori

Kasdam l/BB Bersama Danrem 031/WB Tinjau Lokasi Lahan Ketahanan Pangan di Pekaitan


Rohil - Kasdam I/Bukit Barisan Brigjen TNI Refrizal secara langsung meninjau lokasi lahan ketahanan pangan yang berada di Kepenghuluan Rokan Baru Pesisir, Kecamatan Pekaitan, Kabupaten Rokan Hilir. Senin(15/01/2024).
Peninjauan lokasi lahan ketahanan pangan tersebut didampingi Danrem 031/WB Brigjen TNI Deni Rakcha S.A.P, M.Han, Aster Kasdam I/BB Kolonel Arh. Dedik Ermanto, S.P, MT, Pabendya Puanter Asterdam I/BB Mayor Inf. Pugu Prasetya, Wakil Bupati H Sulaiman SS MH, Dandim 0321/Rohil Letkol Kav Nugaraha Yudha Perwira Negara S.I.P serta berbagai unsur lainnya.


Kasdam l/BB menyebutkan bahwa, pihaknya melaksanakan peninjauan areal lokasi lahan ketahan pangan di Provinsi yang menjadi unggulan dari program ketahanan pangan Kodam l/BB.

“Ada dua lokasi di Provinsi Riau yakni di Kabupaten Rohil dan Bengkalis. Namun baru Rohil yang pertama kita tinjau,” kata Kasdam l/BB.

Kasdam l/BB menyebutkan bahwa lahan pertanian ketahanan pangan yang ada di Kecamatan Pekaitan ini sangat luas dan sangat bagus untuk terus dikembangkan.

“Luas nya hampir 600 hektare. Ini sangat luar biasa, lahan ini akan kita lakukan pengolahan,” jelasnya.



Dengan peninjauan lahan ketahanan pangan itu, Kasdam menyebutkan bertujuan untuk mengetahui apa saja yang menjadi kendala dan apa saja yang dibutuhkan dalam pengolahan nya sehingga hasil panen padinya bisa meningkat dari sebelumnya.

“Ini akan kita laporkan ke atas apa saja yang menjadi hambatan dan kekurangan. Sehingga ada peningkatan hasil panen yang dari 4 ton per hektare bisa menjadi 6 hingga 8 ton,” paparnya.

Kasdam berharap, dengan pengelolaan lahan ketahanan pangan itu akan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Riau dan setidaknya masyarakat Kabupaten Rohil.

“Kita berharap tentunya ini menjadi kebutuhan masyarakat setidaknya untuk masyarakat lokal, sebab kita tau bersama untuk bahan pangan di Provinsi Riau kita belum bisa memenuhi sendiri dan masih mendatangkan dari luar daerah seperti Sumatera Utara, Sumbar bahkan Jambi,” ujarnya.

Ia juga berpesan kepada para petani agar lebih giat dalam mengolah lahan pertanian padi dan tidak mengalih fungsikan lahan yang ada saat ini.

“Saya berpesan kepada petani mari kita bergiat jangan sampai kita berpikir yang menguntungkan itu hanya perkebunan sawit saja, pertanian padi ini juga sangat menguntungkan dan menjanjikan. Sebab dalam setahun bisa dua kali bahkan tiga kali panen,” katanya.

Sementara itu, Wabup Rohil H Sulaiman SS MH juga dalam kesempatan itu juga tak lupa mengingatkan para petani agar tidak mengalih fungsikan lahan pertanian padi.

“Lahan ini sangat luas, kita berharap jangan sampai ada pengalih fungsian lahan, untuk infrastruktur akan terus kita dukung dalam mensukseskan program ketahanan pangan ini. Kita berpesan kepada seluruh petani agar lebih giat lagi kedepannya,” pungkasnya.

Previous
« Prev Post