Kategori

POLRES SINTANG GELAR PRESS RELEASE AKHIR TAHUN PERKEMBANGAN KAMTIBMAS SEPANJANG 2022


Sintang - Menutup tahun, Polres Sintang menggelar press release terkait perkembangan situasi Kamtibmas di wilayah Hukum Polres Sintang sepanjang 2022, Jumat (30/12).

Release tersebut langsung dipimpin oleh Kapolres Sintang yang turut didampingi jajaran pejabat utama Polres Sintang.

Dalam penjelasannya Kapolres Sintang memaparkan sejumlah data terkait perbanding secara umum terkait gangguan Kamtibmas yang terjadi sepanjang tahun 2021 dan 2022.

Dari data-data ini, sepanjang tahun 2022 menurut Kapolres Sintang hampir disetiap kategori gangguan kamtibmas seperti Konvensional, Trans Nasional dan Korupsi di Kabupaten Sintang mengalami peningkatan dari tahun 2021 yang dimana peningkatan tersebut juga diimbangi dengan jumlah penyelesaian kasus.

Pada tahun 2021 terdapat 162 sedangkan 2022 berjumlah 198 kasus yang mana trend tersebut mengalami kenaikan sekitar 22 persen dari tahun 2021.

“Dari kejahatan konvensional seperti curat, curas, curanmor, pembunuhan, KDRT dan beberapa kasus lainnya hingga kejahatan trans nasional mulai dari peredaran narkotika terdapat peningkatan kasus yang diikuti dengan peningkatan jumlah penyelesaian oleh Polres Sintang” Ungkap Kapolres.

Lebih lanjut pada gangguan Kamseltibcarlantas terdapat peningkatan jumlah kecelakaan lalu lintas dibanding tahun sebelumnya, hal ini sejalan dengan jumlah korban meninggal dunia serta luka berat yang juga turut mengalami kenaikan.

“Kerugian materil di tahun 2021 berjumlah Rp 143.200.000 sedangkan 2022 Rp 209.700.000” Pungkas Kapolres.

Adapun data pelanggaran lalu lintas jumlah tilang mengalami penurunan sedangkan teguran simpatik mengalami peningkatan drastis.

“Tahun 2022 ini Satuan Lalu Lintas lebih mengedepankan upaya preemtif sehingga jumlah tilang mengalami penurunan hampir setengah dari tahun sebelumnya dari 331  di tahun 2021 menjadi 183 pada tahun 2022” Jelas AKBP Tommy.”

Diungkapkan Kapolres Sintang Secara umum situasi wilayah Kabupaten Sintang sepanjang tahun 2022 berlangsung kondusif, terlebih ragam upaya yang dikerahkan Polres Sintang guna mewujudkan Kamtibmas yang kondusif salah satunya lewat Nomor handphone hotline Kapolres Sintang serta jajaran Kapolsek sehingga pelayanan kepada masyarakat berjalan dengan lebih optimal.
 
"Mengevaluasi kinerja khususnya Polres Sintang tentunya kami akan terus berbenah sehingga dapat memaksimalkan kinerja seluruh jajaran agar kedepannya sebagai pelindung, pengayom dan pelayanan dapat berjalan dengan lebih optimal” hal ini tentunya dapat tercapai tidak lepas dari dukungan dari seluruh elemen masyarakat Sintang, baik instansi, ormas dan juga media Tutup Kapolres.

Sumber Berita : Humas Polres Sintang. 

Previous
« Prev Post