Kategori

Rita Cendanawangi Tegaskan Siap Bantu Percepatan Penurunan Stunting di Sintang


Sintang - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Kabupaten Sintang Ny. Rita Cendanawangi Melkianus turut menghadiri Diseminasi Audit Kasus Stunting Kabupaten Sintang yang diselenggarakan oleh Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sintang melaksanakan di Aula Bappeda Kabupaten Sintang pada Jumat, 28 Oktober 2022.

Ny. Rita Cendanawangi Melkianus menjelaskan bahwa PKK merupakan mitra kerja pemerintah dan organisasi kemasyarakatan, yang berfungsi sebagai fasilisator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak pada masing-masing jenjang untuk terlaksananya program PKK.
“kami PKK Kabupaten Sintang siap membantu Pemerintah Kabupaten Sintang dalam mempercepat menurunkan angka stunting. Di PKK itu ada Kelompok Kerja atau Pokja IV. PKK bisa bekerjasama dengan tenaga kesehatan di tingkat desa. Di desa, ada Ketua TP PKK Desa, bisa bekerjasama untuk menggairahkan kembali kegiatan posyandu, memberikan penyuluhan mengenai pemeriksaan kehamilan dan anak bayi” terang Ny. Rita Cendanawangi Melkianus


“PKK Desa bisa berkolaborasi dengan tenaga kesehatan di desa dalam mengaktifkan Posyandu, supaya kegiatan posyandu menjadi sebuah kegiatan yang menyenangkan dan akhirnya ibu hamil dan orangtua balita akan senang hati untuk datang ke posyandu” tambah Ny. Rita Cendanawangi Melkianus

Ny. Rita Cendanawangi Melkianus menambahkan bahwa Pokja IV memiliki tugas mengelola meningkatkan derajat kesehatan keluarga dan lingkungan dengan menerapkan hidup bersih sehat, mencegah dan menanggulangi penyakit menular dan tidak menular, berperanserta  dalam upaya  penurunan Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi  (AKB)  dan Angka Kematian Balita (AKBa), berpartisipasi dalam pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), melestarikan lingkungan hidup, Keluarga Berencana, dan perencanaan sehat. Kegiatan ini merupakan penjabaran dari 10 Program Pokok PKK, yaitu Kesehatan, Kelestarian Lingkungan Hidup, dan Perencanaan Sehat.(Sg,)

Previous
« Prev Post