Kategori

Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH melepas kegiatan Jalan Sehat dalam rangka peringatan "World Pharmacist Day tahun 2022


Sintang - Bupati Sintang, dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH melepas kegiatan Jalan Sehat dalam rangka peringatan "World Pharmacist Day tahun 2022 yang di gelar oleh Ikatan Apoteker Indonesia Cabang Sintang, di Taman Entuyut, Jl. PKP. Mujahidin Sintang, Sabtu pagi, 1 Oktober 2022.

Turut hadir, Kadiskes Kab. Sintang, dr. Harysinto Linoh, MM, Kadisporapar Kab. Sintang, Dr. Hendrika, M. Si, Kasat Pol PP Kab. Sintang, Dra. Siti Musrikah, M. Si, pengurus Ikatan Apoteker Indonesia Cabang Sintang dan tamu undangan lainnya.
Pada kegiatan jalan sehat ini, panitia menyiapkan berbagai macam doorprize, dimana doorprize utamanya berupa satu unit kulkas satu pintu. Yang beruntung atau berhasil membawa pulang doorprize utama yaitu salah seorang peserta warga dari Desa Sungai Ana, seorang Ibu Rumah Tangga yang di serahkan oleh Bupati Sintang.

Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno menyampaikan berdasarkan PP No. 51 Tahun 2009 tentang Kefarmasian bahwa pekerjaan kefarmasian adalah sebagai pengendali mutu sediaan farmasi, pengamanan, pengadaan, penyimpanan dan pendistribusi atau penyaluran obat, pengelolaan obat, pelayanan obat atas resep dokter, pelayanan informasi obat, serta pengembangan obat, bahan obat dan obat tradisional.

“Pelayanan kefarmasian merupakan pelayanan kesehatan yang mempunyai peran penting dalam mewujudkan kesehatan bermutu, dimana apoteker sebagai bagian dari tenaga kesehatan yang mempunyai tugas dan tanggung jawab yang besar dan luas dalam mewujudkan pelayanan kefarmasian yang aman, bermutu dan berkualitas,” terang Bupati Sintang

“profesi farmasi harus dikenalkan pada masyarakat luas, karena farmasi juga memiliki tanggung jawab atas kesehatan masyarakat. Seperti saat mereka memeriksakan dirinya pada dokter dan memerlukan obat. Farmasilah yang semestinya menjamin bahwa pasien mendapatkan obat yang benar, digunakan dengan cara yang tepat, dan menghasilkan efek yang diharapkan,” lanjut Bupati Sintang

“farmasi juga yang bertanggung jawab jika ada masalah terkait dengan obat, seperti pengatasan efek samping obat yang dapat membahayakan pasien. Hal ini dapat diwujudkan dengan memberikan konseling kepada pasien dan masyarakat terkait penggunaan obat yang benar. Oleh karena itu apoteker perlu tampil lebih kedepan tidak hanya di belakang layar. Para apoteker untuk selalu meningkatkan kompetensi diri di masing-masing instansi tempatnya bertugas” pesan Bupati Sintang

“Melalui Peringatan Hari Apoteker Sedunia ini, semoga apoteker dapat semakin dikenal oleh masyarakat serta dapat selalu meningkatkan kompetensi diri di masing-masing instansi tempat mereka bertugas sehingga kesehatan masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Sintang senantiasa terjamin,” tutup Bupati Sintang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang dr. Harisinto Linoh, MM menyampaikan bahwa dalam memperingati World Pharmacists Day (Hari Apoteker Sedunia) tahun 2022 yang digelar di Taman Entuyut diinisiasi Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia (PD IAI) Kabupaten Sintang ini diusung dengan memiliki tema nasional yakni “Apoteker Bersatu dalam Aksi Menuju Dunia Lebih Sehat, Apoteker Siap Melayani Informasi serta Edukasi Obat TBC dan Diabetes”. Yang diisi dengan jalan sehat yang terbuka untuk masyarakat umum, konsultasi obat, dan pemeriksaan kesehatan gratis.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang dr. Harisinto Linoh, MM menginformasikan masyarakat terkait penyakit dari TBC dan Diabetes, sesuai dengan tema peringatan Hari Apoteker Sedunia yang diselenggarakan.
“Tinggi sekali kematian akibat TBC, oleh karena itu hati-hati. Pelajari dan ketahui gejala TBC supaya penularannya tidak cepat dan bisa hati-hati. Dan untuk Diabetes adalah penyakit tidak menular karena pola hidup tidak sehat. Jadi lewat olahraga bisa jadi salah satu bentuk pencegahan diabetes,” jelas dr. Harisinto Linoh

“Terima kasih dan selamat kepada IAI, mudah-mudahan dengan kegiatan secara rutin seperti ini dan dengan peran serta masyarakat, semua warga Kabupaten Sintang semoga senantiasa sehat wal afiat,” terang dr. Harisinto Linoh(Andi)

Previous
« Prev Post