Kategori

Kondisi SD Negeri 10 Teluk Klansam Sangat Memprihatinkan


Sintang,Kalbar - Fasilitas ilmu pendidikan adalah dambaan setiap anak didik, terutama dengan ada fisik pembangunan yang memadai.

Akan tetapi kondisi fisik fasilitas belajar yang memadai tidak seperti yang dialami SD Negeri 10 Teluk Klansam,yang ada didesa teluk kelansam, kecamatan Sintang, kabupaten Sintang, Dimana kondisi sekolah tersebut sangat memprihatinkan dengan kondisi bangunan sekolah yang sudah tidak layak untuk ditempati,untuk kegiatan belajar mengajar dibeberapa lokal ruangan kelas.

Informasi yang diterima pada hari Rabu (10/08/2022), tampak terlihat jelas langit-langit bangunan ruang kelas sekolah tersebut sudah rusak, dinding sekolah juga sudah ada yang jebol hingga peralatan sekolah lainnya juga sudah rusak semuanya.

Dan yang memprihatinkan para murid SD Negeri 10 Teluk Klansam tersebut terpaksa harus belajar di ruang perpustakaan hingga di luar ruangan sekolah tersebut.

Informasi yang diterima dari seorang Guru SD Negeri 10 Teluk Klansam yang minta namanya dirahasiakan mengatakan  bahwa pengajuan sudah sering dilakukan melalui Musdes yang diselenggarakan oleh Desa akan tetapi sampai sekarang belum ada realisasi yang didapat. Apalagi dengan kondisi bangunan sekolah yang semakin rusak setelah habis dilanda banjir tahun kemarin.

"Kami suda mencoba mengusulkan lewat musdes pak, cuma belum ada kabar kelanjutannya, bangunan kami sangat memprihatinkan apalagi setelah dilanda banjir," keluhnya.

Kondisi sekolah tersebut menurut informasi yang diterima bahwa kerusakan kondisi sudah cukup lama hingga bangunan sejak tahun 2019 tidak bisa difungsikan sebagian ruang kelasnya.

"Kalau rusak sudah lama pak dan tidak difungsikan dari tahun 2019. Kami sudah tidak berani lagi menempati karena sudah rapuh benar," jelas oknom guru tersebut yang enggan namanya dituliskan.

Guru tersebut juga menambahkan hanya ada dua gedung yang masih bisa para murid SD Negeri 10 Teluk Klansam untuk ditempati belajar. Dan pihak sekolah memperbaiki dengan semampunya saja.

Dari informasi yang diterima awak media pun meminta konfirmasi dari pihak Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Disdikbud Kabupaten Sintang sejauh mana penyaluran dana untuk pembangunan sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Sintang.

Terkait permasalahan SD Negeri 10 Teluk Klansam tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sintang Lindra Azmar mengatakan bahwa anggaran untuk saat ini terutama untuk pembangunan sekolah-sekolah tidak semuanya bisa dkaper.

"Ya terimakasih atas informasinya dari kawan-kawan media. Jadi saya tegaskan bahwa anggaran untuk saat ini kurang dan kita dari Dinas Pendidikan tidak tutup mata. Karena kedepannya akan selalu kita perhatikan, melalui telponnya Lindra juga berjanji akan memanggil pengawas dan kepala Sekolah SDN NO:10 teluk kelansam untuk berdiskusi,pungkasnya (Tim/ Red)

Previous
« Prev Post