Kategori

Komisi D DPRD Kabupaten Sintang Lakukan Mediasi Antara pihak Koperasi BTN dan BTS Dengan Pihak PT. Buana Hijau Abadi-2 (PT. BHA2)


Sintang - Rapat Kerja Komisi D DPRD Kabupaten Sintang, pada Senin (23/05/2022), bertempat di Ruang Rapat Paripurna, Gedung DPRD Kabupaten Sintang. 

Hadir dalam Rapat Kerja tersebut, Florensius Ronny Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Wakil Ketua, Heri Jambri dan para anggota DPRD Kabupaten Sintang diantaranya, Welbertus, Zulherman, Zulkarnaen, Anastasia, Toni, Nekodemus dan beberapa anggota komisi D lainnya.

Rapat kerja ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya yang tidak menemui titik terang karena pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang (TIM TP3K) serta beberapa unsur terkait lainnya tidak hadir.

Seperti diberitakan sebelumnya, bahwa hari ini (23/05/2022), Komisi D DPRD Kabupaten Sintang menindaklanjuti pengaduan anggota petani plasma dan pengurus koperasi terkait ditemukannya selisih data luas lahan kebun plasma antara data di bank dengan data plasma di pihak perusahaan.

Adanya perbedaan data plasma di pihak bank mandiri dengan data plasma di pihak perusahaan, tentu  merupakan sesuatu yang rancu sehingga menimbulkan pertanyaan bagi pengurus dan anggota petani plasma.

Berdasarkan data yang ada bahwa terdapat selisih lahan plasma  dalam jumlah besar yaitu sekitar 437 (empat ratus tiga puluh tujuh) Ha, merugikan pihak petani plasma selama kurun waktu sekitar 11 tahun.

Berupaya meluruskan dan menghindari hal-hal yang dapat merugikan dikemudian hari, maka Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Sintang melakukan mediasi antara pihak Koperasi BTN dan BTS dengan Pihak PT. Buana Hijau Abadi-2 (PT. BHA2) yang merupakan anak Perusahaan Hartono Plantation Indonesia (HPI Group) dan menghadirkan Pemda Sintang serta pihak Bank Mandiri Cabang Sintang.

Sementara itu dari pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang, turut hadir Tim Pembina Pembangunan Perkebunan Kabupaten Sintang (TP3K Sintang), ATR Badan Pertanahan Nasional (ATR BPN), Dinas Perindustrian Perdangangan dan UKM Kabupaten Sintang, Camat Ketungau Tengah dan Ketungau Hilir, Kapolsek Ketungau Tengah dan Ketungau Hilir.

Hadir beberapa Kepala Desa Tirta Karya, Maung, Mungguk Lawang, Pampang Dua, Sungai Mali, Mungguk Kelapa, Pengurus KUD Bina Tani Sejahtera (KUD BTS) dan Pengurus KUD Bina Tani Mandiri (KUD BTM) serta Pihak Bank Mandiri Cabang Sintang.(Ed/tim)
 

Previous
« Prev Post