Kategori

KOREM 121/ABW MELAKSANAAN UJI TERAMPIL PERORANGAN ( UTP) UMUM


Sintang - Korem 121/Abw melaksanakan UTP (Uji Terampil Perorangan) yang  dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada hari Kamis sampai dengan Jum'at  24/2/2022 di Lapangan Tembak Pistol Makorem 121/Abw Jalan Pangeran Kuning No.1 Sintang.
Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Komandan Detasemen Markas Korem (Dandenmarem) 121/Abw Mayor Arm Sumaji.

Komandan Korem 121/Abw Brigjen TNI Dr. Ronny, S.A.P., M.M. selalu monitor semua kegiatan prajurit Korem, disamping para prajurit melaksanakan tugas kewilayahan dan rutinitas harian sesuai fungsi dan bidang masing-masing.

Pengetahuan dasar keprajuritan harus tetap dikuasai dan pelihara oleh setiap prajurit. Hal ini dipandang perlu guna mendukung tercapainya tugas pokok. Tentunya semua itu dapat terwujud apabila didukung dengan kesiapan kondisi mental dan fisik yang  prima.
 

Pelaksanaan Uji Terampil Perorangan Umum ini diikuti oleh prajurit Korem 121/Abw yang terbagi menjadi beberapa bagian,  diantaranya Panitia penyelenggara, pelatih dan pelaku. Khusus pelaku terdiri dari Prajurit Makorem yang berpangkat Bintara dan Tamtama.

Pada kesempatan yang berbeda, Danrem 121/Abw menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya UTP Umum ini untuk  mengetahui sejauh mana  pemahaman, pengetahuan dan ketrampilan prajurit sesuai dengan jenjang kepangkatan bedasarkan Buku Pedoman Umum Pelaksanaan (BPUP) dari tingkat 1 s.d. 7. Bagi Prajurit yang berpangkat Tamtama wajib lulus sesuai dengan keterampilan BPUP tingakat 1 s.d. 4, sedangkan bagi prajurit yang berpangkat Bintara wajib lulus sesuai materi yang ada di BPUP dari tingkat 1 s/d 7.

Selain itu, Brigjen TNI Dr. Ronny menghimbau kepada para pelaku agar melaksanakan kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan penuh semangat, perhatikan faktor keamanan baik materiil maupun personel, tegas Danrem.  

Letda Inf Siswanto selaku Koordinator latihan dalam arahannya menyampaikan,  bahwa UTP merupakan salah satu syarat kenaikan pangkat. Koorlat juga menjelaskan bahwa tujuan diselenggarakannya UTP ini  agar para prajurit menguasai tehnik dan taktik bertempur sesuai dengan spesialisasi jabatan militer.

Masih pada kesempatan yang sama, Dandenmarem 121/Abw Mayor Arm Sumaji juga menyampaikan kepada para pelatih dan penyelenggara, agar melaksanakan penilaian secara obyektif, apabila ada prajurit yang tidak memenuhi kriteria lulus dalam materi yang diujikan, maka akan dilaksanakan UTP ulang hingga lulus.  Jelasnya.  
 
Sumber berita : Penrem 121/Abw.

Previous
« Prev Post