Kategori

DESA SEPAN LEBANG KECAMATAN KELAM PERMAI ADAKAN MUSDES


Sintang - Musyawarah Desa(Musdes) merupakan forum perencanaan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah Desa Sepan Lebang Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang yang dilakukan setiap tahun dan kegiatan ini tidak terlepas dari partisipasi masyarakat desa.

Hadir dalam kegiatan Musdes yang di laksanakan di gedung BALAI TEMUAI Desa Sepan Lebang, Kepala Desa Sepan Lebang Yulius Selamet berserta perangkat Desa Sepan Lebang,Ketua BPD Agus Budiman,S.Pd.K dan Anggotanya,Pihak kesehatan (postu), Kepala Dusun,RT/RW, Linmas dan tokoh masyarakat serta beberapa warga masyarakat yang di undang untuk hadir dalam Musdes tersebut yang ada di 3 dusun diantaranya Dusun Beririk,Dusun Sepan Memikat dan Dusun Cemara yang ada di desa Sepan Lebang,
Minggu (7/11/2021).

Musyawarah ini menunjukkan bahwa Musrenbang bersifat partisipatif dan Dialogis dimana seluruh warga masyarakat yang hadir memiliki hak suara dalam menyampaikan pendapat dengan berdasarkan prinsip bebas partisipatif.Kegiatan musyawarah ini bertujuan untuk memotret berbagai potensi yang ada di wilayah Desa Sepan Lebang untuk dijadikan dasar pengambilan keputusan dalam pembangunan Desa Sepan Lebang Kedepannya.

Kepala Desa Sepan Lebang Yulius Selamet dalam Sambutannya mengatakan bahwa kemajuan suatu desa tidak terlepas dari partisipasi masyarakat serta penggalian potensi-potensi yang ada di wilayah desa.
"Ini sangat penting dalam mencari dan menggali berbagai potensi desa yang ada sehingga keputusan yang diambil lewat forum ini tidak terlepas dari potensi-potensi yang ada di desa kita"terang kades.

Kepala desa yang juga sering disapa Selamet yang baru terpilih sebagai Kepala Desa Sepan Lebang yang di Lantik pada bulan Oktober 2021 lalu juga menambahkan  bahwa kegiatan Musdes sangat penting dalam menunjang kemajuan desa.

"Kita masyarakat yang ada di ruangan ini,supaya  saling mengeluarkan pendapat dengan bermusyawarah yang bermanfaat bagi kita semua karena musyawarah ini membahas agenda kegiatan yang didasarkan pada potensi yang ada di desa kita, sehingga seluruh elemen masyarakat berhak menyampaikan pendapatnya masing-masing karena pada akhirnya pendapat dari elemen masyarakat tersebut akan disaring dan dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan terkait rencana kegiatan pembangunan desa"tambah Selamet kades Sepan Lebang panjang lebar.

Ditempat yang sama Ketua BPD Desa Sepan Lebang Agus Budiman,S.Pd.K juga menyampaikan beberapa kegiatan yang terkait dengan apa yang disampaikan oleh masyarakat saat Musdes tersebut,Agus mengatakan bahwa semua penyampaian serta usulan masyarakat tetap kita terima .
"Penyampaian dari masyarakat tetap kita aspirasi dan kita tanggapi,akan tetapi kita juga melihat dimana pembangunan yang paling urgen sekali"jelas Agus.

Agus Budiman S.Pd.K juga menjelaskan bahwa akan berusaha yang terbaik bagi kita semua untuk pembangunan di wilayah desa Sepan Lebang.
"Nanti kita lihat dari anggaran yang ada kalau memang cukup ia apa salahnya untuk pembangunan di desa kita karena mengingat anggaran dana desa kita terbatas tapi tetap kita anggarkan untuk pembangunan"tambahnya singkat.

Adapun usulan yang disampaikan masyarakat diantaranya;
1.Pembangunan WC harus dilanjutkan,
2.Infrastruktur Jalan dari pusat desa ke     
   dusun Beririk,
3.Pembangunan tempat pelayanan
   posyandu (rehap),dan
4.Evaluasi kinerja kelompok tani.
Melalui musyawarah desa,semua potensi yang ada di desa dapat dimanfaatkan secara optimal dalam menunjang program peningkatan kesejahteraan masyarakat.(Ed/Rbs).

Previous
« Prev Post