Kategori

Salah satu persyaratan naik pangkat, harus lulus tes kesegaran jasmani.

Sintang - Sejumlah prajurit Korem 121/Abw mengikuti tes kesegaran jasmani (Garjas) sebagai salah satu persyaratan untuk kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula. Kegiatan ini dilaksanakan di lapangan Makorem 121/Abw jln Pangeran Kuning no 1 Sintang, Rabu, 06/10/21.

Kenaikan pangkat merupakan yang ditunggu oleh setiap prajurit baik itu perwira, Bintara dan Tamtama. Untuk naik pangkat tentunya, harus melalui beberapa persyaratan, diantaranya kondite atau kinerja baik, tidak ada pelanggaran, loyalitas dan juga fisik harus prima yang tunjukkan melalui tes kesegaran jasmani.

Tes Garjas ini dibagi dalam 3 materi yaitu tes kesegaran A lari selama 12 menit, tes kesegaran B meliputi, Pull up, Sit up, push up,  lunges dan shutle Run. Ketangkasan renang dengan jarak 50 meter.

Sebelum pelaksanaan Tes Garjas ini dilaksanakan pentahapan yaitu, cek tensi darah atau pemeriksaan denyut nadi oleh tim kesehatan, pemanasan dan pelaksanaan. Hal ini untuk mencegah hal hal yang tidak diinginkan.

Menurut ketua pelaksana Yaitu Kajasrem (Kepala Jasmani Korem) Kapten Arm Jack Pais, bahwa kegiatan tes dilaksanakan sesuai prosedur dan mekanisme pelaksanan yang telah di tentukan. 

"Kita utamakan keselamatan dan keamanan dalam melaksanakan kegiatan ini, tentunya sesuai mekanisme tes kesegaran jasmani, mulai dari pemeriksaan kesehatan, pemanasan dan pelaksanaan," ungkap Kapten Pais.

Dan setiap kegiatan selalu diawasi dan didampingi oleh tenaga medis dari Denkesyah Sintang. Tes kesegaran jasmani ini tidak hanya untuk persyaratan naik pangkat saja tetapi juga persyaratan mau sekolah atau khusus dan juga untuk mengukur kemampuan perorangan prajurit tersebut." jelas Kapten Arm Jack Pais.

Sumber berita :       Penrem121/Abw
 

Previous
« Prev Post