Kategori

Danrem 121/Abw hadiri Haul Opu Daeng Menambon.


Mempawah - Danrem 12/Abw Brigjen TNI Dr. Ronny, S.A.P., M.M yang didampingi ketua Persit KCK Koorcab Rem 121 ibu Rissa Ronny menghadiri acara Haul Opu Daeng Menambon ke-258 bertempat di Balai kerja DPD PFKPM (Persatuan Forum Komunikasi Pemuda Melayu) di jalan Daeng Menambon Mempawah.Sabtu,4/10/21.

Opu Daeng Menambon berasal dari kesultanan Luwu Bugis di Sulawesi Selatan (Sulsel) yang lahir pada tahun 1695 M. Beliau datang ke Kalimantan atas permintaan Sultan Matan (Tanjungpura) yakni Muhammad Zainuddin. Sultan Muhammad Zainuddin meminta pertolongan Opu Daeng Menambon untuk merebut kembali tahta kesultanan Matan yang diambil paksa Pangeran Agung.

Opu Daeng Menambon diangkat menjadi raja dan bergelar Pangeran Mas Surya Negara. Pada masa Opu Daeng Menambon penyebaran agama Islam yang berada di wilayah Mempawah  berkembang pesat.Pada tahun 1761 M. Opu Daeng Menambon meninggal dunia dan dimakamkan di Sebukit Rama.

Dalam sambutannya Brigjen TNI Dr. Ronny, S.A.P,. M.M mengatakan dalam melestarikan nilai-nilai leluhur dan nilai-nilai budaya, salah satunya adalah haul Opu Daeng Manambon yang menjadi cikal bakal berdirinya Kabupaten Mempawah.

"Menjunjung Marwah, Menjaga Adat dan Menjemput Tuah supaya tetap dihidupkan dan dipelihara agar budaya melayu tidak punah ditelan jaman," ujar Brigjen TNI Dr. Ronny, S.A.P,. M.M.

Brigjen TNI Dr. Ronny, S.A.P,. M.M berharap generasi muda dapat diberikan pendidikan nilai luhur budaya adat istiadat agar karakter yang baik terbentuk sejak dini.

"Kami mengajak saudara saudara semua untuk tetap semangat melawan Covid-19, menjaga kerukunan, saling mengahargai apa yang menjadi peraturan atau ketentuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," harap Brigjen TNI Dr. Ronny, S.A.P,. M.M.

Sementara itu Ketua DPD FKPM H. Moch Husni Thamrien menyambut baik kedatangan Danrem 121/Abw di acara Haul Opu Daeng Manambon ke-258 Tahun 2021.  

“Kami juga berpesan kepada seluruh Pengurus dan Anggota DPD FKPM Kabupaten Mempawah untuk menjaga silahturahmi sesama ormas dan umat beragama sehingga jangan terpecah belah,” ungkap H. Moch Husni Thamrien.

Dalam acara tersebut dihadiri juga oleh Pemda, Polres Mempawah, Camat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta para tamu pemuda Kabupaten Mempawah.

Sumber : Penrem 121/Abw

Previous
« Prev Post