Kategori

BLT-DD UNTUK BANGUN WC, WARGA DUSUN SEBANGKOI DESA SUMBER SARI KECAMATAN KETUNGAU TENGAH PROTES.


Sintang - Puluhan warga dusun Sebangkoi desa sumber sari kecamatan Ketungau Tengah Kabupaten Sintang kecewa karena BLT-DD yang seharusnya sudah dicairkan kepada mereka sampai saat ini belum diterima keluarga penerimaan manfaat (KPM),Kamis (21/10/2021).

Warga menilai pihak pemdes Sumber Sari melanggar kesepakatan, menurut warga masyarakat dusun Sebangkoi,apa yang disampaikan oleh pengurus baik dari kepala dusun, Sekdes sumber sari,bahwa bantuan tersebut yaitu BLT-DD untuk warga dusun Sebangkoi ada,sebesar Rp.3.600.000;(tiga juta Enam ratus ribu rupiah) untuk 21 KPM dialihkan ke bantuan lain.
"Kami masyarakat penerima BLT-DD tidak terima dengan bantuan yang diberikan oleh pihak pemerintah desa karena bukan berbentuk uang melainkan material  Untuk wc"terang beberapa warga.
Ditambahkan oleh warga pada saat diwawancarai bahwa WC tersebut dialihkan oleh pemerintah desa yang berasal dari BLT-DD.

"Saat pihak Desa mengundang kami untuk rapat (musdus) kami di suruh memilih yaitu 4 jenis pilihan,diantaranya atap seng,aki panel dan wc" tambah mereka.
Masyarakat sangat kecewa dengan langkah yang dilakukan oleh pihak pemdes Sumber Sari karena tidak sesuai dengan kesepakatan awal.
"Kami sebagai warga masyarakat sangat kecewa dengan pemerintah desa kami, alasannya karena kalau WC kami disini sudah punya WC semua.Untuk apa bantuan WC lagi dan bantuan WC tersebut tidak sesuai "jelas nya.

Ditempat yang berbeda saat dihubungi melalui WhatsApp Sabtu (23/10/2021) saat ditanya kenapa BLT-DD yang bersumber dari dana desa belum dicairkan, sedangkan penyaluran BLT-DD tersebut tampa syarat,sekretaris desa Sumber Sari Kecamatan Ketungau Tengah, Dadang menjelaskan bahwa BLT-DD tersebut sudah disalurkan.
"BLT-DD Januari sampai September 2021 sudah kita salurkan sedangkan untuk Dusun Sebangkoi memang tidak menganggarkan BLT-DD"jelasnya.

Dadang yang juga sebagai Sekdes Sumber Sari Kecamatan Ketungau Tengah menambahkan bahwa BLT memang tidak disalurkan DD karena dialihkan ke pembangunan.
"Bulan Oktober sampai Desember 2020 kita memang tidak memilih BLT-DD karena dialihkan ke pembangunan"tambahnya.

Ditempat terpisah saat dihubungi melalui WhatsApp,Senin 25 Oktober 2021,Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) kabupaten Sintang Herkolanus Roni belum bisa memberikan jawaban," Maaf harus saya klarifikasi dulu ke Desa nya, karna kebijakan desa tergambar di APBDES nya
Jawaban Herkolanus Roni,via WhatsApp nya,terkait dengan permasalahan yang terjadi di Dusun Sebangkoi Desa Sumber Sari Kecamatan Ketungau Tengah Kabupaten Sintang.
Program Bantuan Langsung Tunai (BLT-DD) yang bersumber dari Dana Desa (DD) termasuk dalam skala prioritas dalam penggunaan dana desa dan merupakan salah satu program dalam skema pemulihan ekonomi nasional (Ed/Rbs).

Previous
« Prev Post