Tinjau Lahan Tanpa Bakar (PLTB) Manismata, Dandim 1203/Ktp Apresiasi Babinsa Dan Kelompok Tani Agrotani Mandiri.


Ketapang – Rangkaian Kunjungan kerja Dandim 1203/Ktp Letkol Kav Suntara Wisnu Budi Hidayanta, S.H., M.Sc juga meninjau lahan ketahanan pangan Kec. Manismata, hasil  Pembukaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB) di Dusun Keladi, Desa ratu elok, Kec. Manismata, Kab. Ketapang, Rabu (31/03/2020). 

Dalam peninjauan lahan ketahanan pangan Kec. Manismata tersebut Dandim 1203/Ktp menyambangi Kelompok Tani Agrotani Mandiri, dengan didampingi oleh Forkopimcam Manismata.

Dilahan tersebut Letkol Kav Suntara Wisnu Budi Hidayanta, S.H., M.Sc mengatakan” ini patut dicontoh diwilayah lain, Pasalnya bertahannya suatu wilayah dilihat dari ketahanan pangannya. Orang yang bisa menguasai pertanian akan menjadi raja, Artinya tidak perlu menunggu bantuan dari pihak lain atau pemerintah, saya sangat mengapresiasi Babinsa setempat dan kelompok Tani Agrotani Mandiri dimana lahan ini adalah hasil  Pembukaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB)” ungkapnya.

Selain itu PLTB ini juga mendukung program langit biru dibumi khatuliswa, dengan upaya ini kita harapkan masalah karhutla juga teratasi, Sehingga zero asap di kalbar akan cepat terwujud,”jelasnya. 

Dikesempatan tersebut Dandim 1203/Ktp meminta para petani untuk tidak ragu menanam segala jenis tanaman yang berpotensi ekonomis cukup tinggi. Ia pun meminta instansi terkait membantu petani dalam memasarkan hasil pertaniannya, Hasil pertanian ini nantinya  bisa di koordinasikan dengan Dinas terkait,”pintanya.

Sementara itu ,Ketua Poktan Agrotani Mandiri, Bapak Sarbini menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Dandim 1203/Ktp, yang telah memberi motivasi dan arahanya, Ia menjelaskan Lahan ketahanan pangan ini ditanami Hortikultura dan Perikanan (KPTPHP),”jelas Bapak Sarbini.

Dalam hal ini Kodim 1203/Ktp yang telah banyak membantu pihaknya dengan mendukung kegiatan pertanian di lahan tanpa bakar,kami juga bertekad untuk meningkatkan ketahanan pangan di kec. manismata. Kalau kita cukup makan berarti kesejahteraan kita terjaga hingga ke depan,” pungkasnya.

Sumber Berita : Penrem 121/Abw.

Previous
« Prev Post