Kategori

Tingkatkan Ketahanan Pangan Warga Perbatasan, Satgas Yonif 407/PK Berikan Penyuluhan Budidaya Ikan Lele

Ketungau Tengah,Sintang - Dalam menjaga ketahanan pangan di wilayah perbatasan, Satgas Pamtas Yonif 407/PK memberikan penyuluhan tentang budidaya ternak ikan lele kepada warga Dusun Semareh, Desa Semareh, Kecamatan Ketungau Tengah, Kabupaten Sintang, Kalbar.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-MLY Yonif 407/PK Letkol Inf Catur Irawan dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalbar. Kamis (08/04/2021).

Diungkapkan Dansatgas, dampak dari pandemi Covid-19 sangat berpengaruh terhadap hasil pendapatan masyarakat, sehingga perlu menciptakan terobosan baru dalam mencukupi sumber ketahanan pangan di wilayah perbatasan.

“Dan berbekal pengalaman berternak lele di satuan, personel Pos Semareh Satgas 407/PK menerapkan keterampilannya dengan memberikan sosisalisasi kepada masyarakat perbatasan untuk memanfaatkan lahan yang ada di sekitar rumah untuk dijadikan kolam ternak lele,” ujarnya.

Dikatakan Dansatgas, dengan budidaya ternak ikan lele ini, Satgas mengajak warga untuk memanfaatkan lahan yang mereka miliki untuk diolah, sehingga bisa menjadi alternatif menambah pendapatan ekonomi mereka.

“Ternak lele ini kita pilih, selain pemeliharaannya yang mudah, kandungan nutrisinya pun tinggi dan sangat baik untuk dikonsumsi,” jelasnya.

Di tempat terpisah, Danpos Semareh Serka Joko Purwanto menerangkan, kegiatan yang dilakukan personel Satgas ini merupakan wujud kemanunggalan TNI dan rakyat dalam upaya membantu perekonomian masyarakat yang terdampak Covid-19, khususnya di wilayah perbatasan.

“Bagi warga yang tidak mempunyai lahan, kita bisa memanfaatkan tempat lahan yang ada dengan membuat kolam berbahan terpal disamping rumah, dan untuk mengurangi biaya produksi selama pengembangbiakan ikan lele, kita memanfaatkan sisa limbah dapur sebagai tambahan pakan,” urainya.

“Kami berharap ke depannya ternak lele ini bisa dikembangkan warga sebagai salah satu sumber penghasilan mereka, selain bertani dan berkebun,” tutur Joko mengakhiri.

Sumber Berita : Penrem 121/ABW.

Previous
« Prev Post