Kodim 1202/Singkawang Gelar Pembinaan Kerukunan Umat Beragama

Singkawang - Indonesia adalah negara yang memiliki ke-Bhinnekaan yang sangat beragam dari suku, budaya, adat istiadat sampai dengan agama. Ke-bhinnekaan inilah yang menjadi pemersatu bangsa dimana Indonesia memiliki beragam agama yang diakui oleh Pemerintah.

Dalam rangka mewujudkan sikap toleransi yaitu sikap saling menghormati dan menghargai antar penganut agama lain. Kodim 1202/Skw menggelar pembinaan kerukunan umat beragama bertempat di Aula Makodim Jln. Alianyang Kel. Pasiran Kec. Singkawang Barat Kota Singkawang, Selasa (23/3/21).

Kegiatan diikuti oleh anggota Kodim 1202/Skw, Keluarga Besar TNI (KBT), Tokoh Agama, Tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

Dalam sambutannya Dandim 1202/Skw Letkol Inf Condro Edi Wibowo, S.Sos., M.Han, melalui Kasdim 1202/Skw Mayor Inf Suharmoko menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakan kegiatan ini agar prajurit TNI, Keluarga Besar TNI (KBT), Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda benar- benar memahami tentang arti toleransi umat beragama di mana antar umat beragama dapat saling menerima, saling menghargai dan saling menghormati keyakinan masing-masing, saling tolong-menolong dan bekerjasama dengan perbedaan keyakinan agama yang ada, ucapnya.

"Kita semua harus dan wajib menghormati Hak asasi manusia terutama untuk kemerdekaan di dalam menganut Agama dan Kepercayaan telah dijamin oleh Pemerintah di dalam Undang-Undang, untuk itu seluruh warga negara harus hidup berdampingan demi menjaga kerukunan antar umat beragama.” tegasnya.

Ketua FKUB Kota Singkawang Bahrudin mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Kodim 1202/ Skw saat memberikan materi tentang Pembinaan Kerukan Umat Beragama.

Sebab kerukunan umat beragama menjadi modal agar terjaganya kesatuan dan persatuan bangsa, dan terciptanya kondusifitas di Kota Singkawang.

Lanjutnya, "Tujuan sosialisasi dan silaturahmi yang digelar agar setiap komponen warga masyarakat dapat menjaga dan memelihara kerukunan antar umat beragama dalam menciptakan dan meningkatkan jalinan tali silaturahmi yang terbungkus dalam kebhinekaan" ucap Ketua FKUB.

Sumber berita : Pendim 1202/Skw/Penrem 121/Abw.

Previous
« Prev Post