Pencanangan Satgas Desa Tangkal Covid-19 dan Desa Mandiri Sehat


Melawi, suarasintang.com - Pembagian masker secara masif dalam rangka Pencanangan Satgas Desa Tangkal Covid-19 dan Desa Mandiri sehat di Kabupaten Melawi.

Kegiatan dihadiri oleh Pjs. Bupati Melawi  Dra. Hj. Linda Purnama, M.Si, Ketua DPRD Kabupaten Melawi Widia Hastuti, Kapolres Melawi AKBP Sigit Elyanto Nurharjanto, S.I.K, Perwira Penghubung Kodim 1205/Sintang Mayor Arh Eddy Winarno, Danramil 1205-01/Nanga Pinoh Kapten Arm Iman Yulianto dan semua unsur OPD Pemerintah Kabupaten Melawi. Senin (02/11/20) di Lapangan Kuliner Jl.Juang KM.1 Desa Tanjung Niaga Kecamatan Nanga Pinoh.

Dalam pidato sambutannya, Kapolres Melawi AKBP Sigit Elyanto Nurharjanto, S.I.K, menyampaikan bahwa kesehatan merupakan hal yang paling utama yang harus  jaga bersama, terutama dari penyebaran Covid-19, sebagaimana kesadaran dari masyarakat masih sangat rendah tentang protokol kesehatan agar kita tidak terkontirmasi Covir-19.


" Kami dari Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam hal ini Polres Melawi akan mendukung segala bentuk kegiatan yang bersinggungan lansung dengan kepentingan masyarakat, baik itu dari Pemerintah Daerah maupun dari Pihak TNI, " terang Kapolres.

Hal senada juga disampaikan Pangdam XII/Tpr yang di bacakan Perwira Penghubung Kodim 1205/Sintang.

" Pademi Covid-19 merupakan masalah kita bersama yang hingga sampai saat ini masih menjadi Bencana Nasional Non Alam. Dalam hal ini Kodam XII/Tpr merupakan kompartemen Strategis TNI AD yang sekaligus tergabung sebagai Komando Tugas Gabungan Terpadu mempunyai Visi Melaksanakan percepatan dalam rangka penanganan Covid-19, ".

" Koopsdam XII/Tpr selaku penanggung jawab pelaksanaan Satgas Covid-19 bersama seluruh komponen Masyarakat di wilayah Provinsi Kalbar dan Kalteng sudah melaksanakan beberapa langkah-langkah dalam menekan jumlah terkonfirmasi Covid-19 diantaranya dengan melaksanakan sosialisasi protokol kesehatan,melaksanakan gerakan pendisiplinan di tiap-tiap wilayah, melaksanakan Lomba Desa Mandiri Sehat di wilayah Kalbar dan Lomba Desa Sehat di wilayah Kalteng, ".


" Kegiatan Pencanangan Satgas Desa Tangkal Covid-19 dalam rangka penanggulangan penyebaran Covid-19 merupakan bagian dari pelaksanaan Bhakti TNI untuk menangani masalah sosial dan kemanusiaan, yang dilaksanakan bersifat fisik maupun non fisik, ".

" Kegiatan Pencanangan Satgas Desa Tangkal Covid-19 bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, sehingga diharapkan dapat terjadi perubahan status menjadi daerah zona hijau baik di wilayah Kalbar maupun Kalteng, ".

" Berkenaan dengan itu, dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2020, Kodam XII/Tpr memanfaatkan momentum ini dengan melaksanakan kegiatan Pencananangan Satgas Desa Tangkal Covid-19 secara serentak di seluruh wilayah jajaran Kodam XII/Tpr, Melalui kegiatan ini dapat dijadikan stimulus bagi Satgas Covid-19 disetiap desa guna mewujudkan masyarakat produktif dan aman Covid-19, ".

" Penerapan adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi Covid-19 tetap harus berpedoman pada protokol kesehatan yaitu, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan, Oleh karena itu, saya mengajak kepada kita sekalian untuk hidup lebih sehat dengan secara terus menerus menegakkan disiplin protokol kesehatan, " dibacakannya.


Sementara Pjs.Bupati Melawi Dra. Hj. Linda Purnama, M.Si, mengatakan atas nama pemerintah daerah dalam hal ini sangat berterimakasih dan mengapresiasi yang setinggi tingginya kegiatan satgas Desa Tangkal Covid-19 yang di agendakan oleh Pangdam XII/Tanjungpura serta kepada Kodim 1205/Sintang yang mana telah menggiatkan kegiatan ini.

" Saya mengajak kita semua untuk melawan Covid-19 dengan menegakan Protokol kesehatan dengan gerakan 3M, serta dalam hal ini saya ingin menambahkan lagi menjadi 4M yaitu Menjaga Imunitas Tubuh, " ucapnya.

Menurut Dra. Hj. Linda Purnama, M.Si, lonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten Melawi semakin naik dari hari ke hari, dimana kita ketahui bersama RSUD yang ada di Kabupaten Melawi sekarang merupakan rumah sakit yang menangani pasien Covid-19.

" Dalam kesempatan ini saya atas nama pemerintah daerah ingin menggugah hati nurani para donatur - donatur yang ada di Kabupaten Melawi mari kita ikut memberi sumbangsih kepada tenaga medis kita yang berada di RSUD guna untuk asupan Vitamin dan alat - alat lainnya yang di butuhkan oleh para tenaga medis kita, " harapnya.

Setelah pemasangan tanda penegak disiplin Covid-19, dilanjutkan dengan Pembagian Masker masker secara masif.

Sumber : Soriddan H
Publis : Bagus Afrizal/Sugiarto-SS.

 

Previous
« Prev Post