Kategori

SEBANYAK 43 MAHASISWA IKIP PGRI PONTIANAK MAGANG DAN KKM DI KABUPATEN SINTANG


 Sintang - Penjabat Sementara Bupati Sintang yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang Yustinus J, S. Pd. M.A.P menerima 41 mahasiswa IKIP PGRI Pontianak yang akan melakukan magang dan kuliah kerja mahasiswa (KKM) di Kabupaten Sintang di Balai Praja Kantor Bupati Sintang pada Senin, 18 Oktober 2020. Sebanyak 41 mahasiswa/mahasisa asal Kabupaten Sintang yang kuliah di IKIP PGRI Pontianak tersebut diantar langsung oleh Rektor IKIP PGRI Pontianak Rustam, M. Pd. Kons dan Dosen Pembimbing Magang Dr. Sandie, M. Pd. 

Turut hadir dalam acara penerimaan mahasiswa magang dan KKM tersebut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang Drs. Lindra Azmar, M. Si, Kepala Sekolah tempat magang dan KKM,  mahasiswa/mahasiswi serta jajaran IKIP PGRI Pontianak.
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang Yustinus J, S. Pd. M.A.P menyampaikan Pemkab Sintang mendukung kegiatan magang dan KKM yang dilakukan oleh IKIP PGRI Pontianak. “sejak awal memang kami sudah memberikan masukan agar mahasiswa asal Sintang bisa melakukan magang dan KKM di Sintang. Harapan kami, mahasiswa menjadi mudah beradaptasi karena sudah mengenal karakter siswa dan masyarakatnya serta membangun daerahnya. Hanya saja, sekolah di Kabupaten Sintang belum melakukan belajar dengan tatap muka dan belajar secara online karena pandemi covid-19” terang Yustinus J

Kebanyakan sekolah mengambil kebijakan siswa hanya mengumpulkan siswa pada hari tertentu. Saya berharap kondisi ini tidak mematahkan semangat mahasiwa yang akan magang. Tetapi justru memberikan motivasi untuk berinovasi serta menggunakan teknologi informasi. Karena ke depannya teknologi informasi sangat diperlukan. Silakan mencari cara yang cocok menerapkan ilmunya di saat tidak adanya belajar tatap muka seperti sekarang ini.  Silakan lakukan komunikasi dengan guru, siswa dan masyarakat dimana tempat magang. Tunjukan kepribadian yang baik dan mudah beradaptasi” tambah Yustinus J

Kabupaten Sintang hingga kini masih kekurangan guru disemua level pendidikan sekitar 2.000 orang. Pada tahun 2020 ini ada 160 orang guru yang pensiun. Sementara rekrutmen kita hanya sekitar 80 orang pada 2 tahun terakhir. Mengangkat guru kontrak sudah dilarang. Hanya ada guru dengan status Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) dengan jumlah yang sedikit. Tenaga pendidik akan tetap diperlukan sampai kapanpun. Jadi saya berharap selesai kuliah nanti, bisa kembali ke Sintang dan mengabdi di Sintang” tambah Yustinus J

Rektor IKIP PGRI Pontianak  Rustam, M. Pd. Kons menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Sintang yang sudah menampung mahasiswa IKIP PGRI Pontianak dalam rangka magang dan KKM di Kabupaten Sintang. “Ada 14 kabupaten kota yang menjadi lokasi pelaksanaan magang dan KKM. Kami memang sengaja mengirim mahasiswa ke kabupaten asalnya untuk magang dan KKM supaya mereka bisa cepat melakukan komunikasi dan mudah dalam menjalankan tugasnya. 

Tantangan besarnya adalah pandemi covid-19. Saya berpesan agar mahasiswa menunjukan kepribadian yang baik di sekolah dan ditengah masyarakat” terang   Rustam.
“saya minta seluruh mahasiwa agar bersikap sopan santun. Dan selalu menyatakan siap kalau diberikan arahan dan perintah. 

Kata siap menunjukan kita bisa berupaya melakukan arahan. Jangan bilang saya tidak tahu atau istilah lain yang menunjukan pesimisme. Biasakan mengucapkan terima kasih dan kata maaf. Ini akan membantu mahasiswa selama berada di lapangan. Lakukan komunikasi yang positif dengan guru, siswa dan masyarakat. Saya yakin mahasiswa akan mendapatkan banyak ilmu pengetahuan dan pengalaman yang baik selama berada di lokasi magang dan KKM” tambah Rustam.

Dosen Pembimbing Magang Dr. Sandie, M. Pd. Menyampaikan sebanyak 43 mahasiswa/mahasiswi IKIP PGRI Pontianak asal Kabupaten Sintang akan melakukan magang dan KKM di Kabupaten Sintang. “dari 43 mahasiswa asal Sintang ini, menuntut ilmu di 10 program studi IKIP PGRI Pontianak. Mereka akan magang di 8 sekolah di tiga kecamatan yakni Sepauk, Sintang dan Serawai. Mereka akan magang mulai 26 Oktober 2020 sampai 4 Januari 2021. Sedangkan KKM akan dilaksanakan di 3 kecamatan yakni Kayan Hilir, Kelam Permai dan Sintang pada 7 Januari 2021 sampai 27 Januari 2021” terang Sandie (Red)

Previous
« Prev Post