HEADLINE NEWS

Kategori

KANIT INTELKAM POLSEK KETUNGAU HILIR CEK LOKASI KEBAKARAN LAHAN DI DESA MAUNG

Ketungau hilir - Kamis ( 27/08/2020 ), dalam pelaksanaan giat patrolinya untuk monitoring situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (sitkamtibmas) di wilayah hukum Polsek Ketungau Hilir, kanit Intelkam, Bripka Renung melihat kabut asap yang mengepul dari ladang masyarakat di Desa Maung Kecamatan Ketungau Hilir Kabupaten Sintang. 

Segera Bripka Renung melakukan pengecekan. Ternyata, salah satu penyebabnya salah seorang petani tradisional yang sedang membakar ladang. Memang sudah beberapa hari ini di Kecamatan Ketungau Hilir tidak turun hujan. Masyarakat yang mayoritas peladang segera sibuk untuk membakar ladang mereka. 

Setelah sesampainya di TKP benar ditemukan lahan bekas terbakar, sehingga petugas segera melakukan pencegahan agar tidak terjadi meluasnya pembakaran dan memberikan himbauan terhadap masyarakat.

“Kita bantu warga yang sedang menjaga api, bersama-sama kita jaga agar tidak merembet ke lahan lain. Kepada masyarakat lain, kita sampaikan agar dalam membakar ladang untuk mengikuti aturan yang telah ditetapkan pemerintah kabupaten dan pemerintah provinsi tentang membakar ladang secara terbatas dan terkendali guna mencegah bencana asap seperti tahun lalu. Puji Tuhan masyarakat dapat menerima penjelasan kita dengan baik,” ungkap Bripka Renung.

Di tempat terpisah Kapolsek Ketungau Hilir, Iptu Supoyo menyampaikan bahwa upaya tersebut agar masyarakat jangan melakukan pembakaran lahan sembarangan, sehingga kasus pembakaran hutan dan lahan di Kecamatan Ketungau Hilir dapat di tekan.

"Kami dalam menanggapi cuaca kemarau ini selalu siap siaga, kita lakukan berbagai upaya pencegahan Karhutla seperti patroli dan mengimbau serta sosialisasi stop Karhutla kepada masyarakat," jelas Iptu Supoyo.  

Sumber : Humas Polres Sintang.
Publis : www.suarasintang.com

Previous
« Prev Post