HEADLINE NEWS

Kategori

Danrem 121/Abw dampingi Asops Panglima TNI Riksiapops Yonif 642/Kps.

Sintang - Danrem 121/Abw Brigjen TNI Ronny, S.A.P mendampingi kunjungan  Asops Panglima TNI Mayjen TNI Tiopan Aritonang dalam rangka pemeriksaan kesiapan operasi Yonif 642/Kapuas yang beralamat di Jl. M.T Haryono, Pal 4 Sintang. Senin, 31/8/20. 

Seperti yang diketahui, dalam waktu dekat Batalyon Infanteri 642/Kapuas  akan melaksanakan tugas Operasi Pengamanan perbatasan darat RI - Malaysia, khususnya sektor timur Kalimantan Barat.

Turut hadir dalam kegiatan ini,  Asops Kasad Mayjen TNI Surawahadi, S.I.P., M.Si, Kasdam XII/TPR  Brigjen TNI Jaka Budi, Paban VII/BMN Slog TNI Kolonel Laut (T) Tjatur Hendrawidjaja, S.T., Paban II/Kom Skomlek TNI Kolonel Chb Sony Wellem Pondang,  Waka Pusbintal TNI Kolonel Caj Drs. Muhammad Zaid, M.M., Kabiddukkesops Puskes TNI Kolonel Ckm Dr Moh. Birza Rizaldi, Spog, M.A.R.S.,  Plh Pabandya-1/Siapopsdagri Paban IV/Opsdagri Sops TNI Letkol Ridwan Ali Abdul, Para Kabalak Kodam XII/Tpr dan Kasrem 121/Abw, Kolonel Kav. Aloysius Nugroho Santoso serta para Kasi Korem 121/Abw.
Setibanya di Markas Komando Batalyon Infanteri 642/ Kapuas, rombongan Tim Mabes TNI ini disambut langsung oleh Komandan Batalyon Infanteri 642/Kps Letkol Inf Alim Mustopa dan dilanjutkan dengan kegiatan  paparan Satuan tentang kesiapan operasi  Yonif 642/Kps oleh Komandan Batalyon  di ruang Olahyudha. 

Dalam paparannya Danyon 642/Kapuas menyampaikan segala sesuatu yang menjadi tugas dan  tanggung jawab pasukan satgas  pamtas RI-Malaysia, sekaligus menyampaikan tentang kesiapan baik personel maupun materil pendukung selama melaksanakan tugas di daerah perbatasan, guna tercapainya tugas pokok yang diberikan oleh Komando atas.

"Satgas Yonif 642/Kapuas melaksanakan operasi pengamanan perbatasan darat  RI-Malaysia, mulai Agustus 2020 sampai dengan Mei 2021 selama 9 bulan di sepanjang perbatasan RI-Malaysia, dari Pos Temajuk sampai dengan Pos Guna Banir meliputi wilayah Kabupaten Sambas, Kabupaten Bengkayang dan Kabupaten Sanggau dalam rangka mendukung tugas pokok Komando pelaksanaan operasi KOREM 121/Abw. Beralih ke Operasi selanjutnya atas perintah". Kata Komandan Batalyon Infanteri 642/Kapuas  dalam Paparannya.

Selesainya paparan satuan, kegiatan dilanjutkan dengan apel gelar pasukan dilapangan Upacara Batalyon Infanteri 642/Kps. Dalam apel gelar pasukan ini, Tim Asops Panglima TNI berkesempatan mengecek satu persatu personel akan tugas dan tanggung jawabnya dilapangan. Tidak sampai disitu, Tim Pemeriksa juga menyakinkan masing- masing personel mengerti dan memahami karakteristik  materil pendukung yang menjadi tanggung jawabnya, tidak terkecuali senjata perorangan.

Setelah apel gelar pasukan dinyatan selesai,  Asops Panglima TNI berkesempatan memberikan pengarahan kepada seluruh personel satgas.   

"Pada hari ini kami Tim Pemeriksa dari Mabes TNI datang kemari untuk melihat, mengecek dan memeriksa kesiapan tugas operasi  Batalyon Infanteri 642/Kps. Saya selaku Asisten operasi Panglima TNI, mewakili Panglima TNI menyatakan Batalyon 642/Kps "Siap" untuk  melaksanakan tugas operasi. berangkat dengan kehormatan dan kembali dengan kebanggaan." Kata Mayjen TNI Tiopan Aritonang dalam arahannya.

Lanjut Asops Panglima TNI. Saya ingatkan kepada seluruh rekan Prajurit semuanya, tugas adalah kehormatan, tidak semua prajurit mendapatkan kehormatan tugas operasi. Kalian adalah wakil dari negara Indonesia, tunjukan nilai-nilai Nasionalisme dan kebangsaan didaerah perbatasan," ungkapnya

Asops Panglima TNI juga mengingatkan, Selama menjalankan tugas operasi ini, agar seluruh prajurit selalu mendekatkan diri kepada  Tuhan YME. "Satukan niat, laksanakan tugas  operasi ini dengan penuh rasa tanggung jawab. Tidak ada keberhasilan tanpa pengorbanan, dan tidak ada pula pengorbanan yang sia-sia. Negara telah memberikan yang terbaik kepada kita oleh karena itu berikan yang terbaik kepada negara Indonesia." Pungkasnya.

Masih dalam kesempatan yang sama, Danrem 121/Abw Brigjen TNI Ronny, S.A.P, selaku Komandan Komando pelaksana Operasi Korem 121/Abw mengucapkan selamat kepada Yonif 642/Kapuas, karena telah memperoleh restu dan dinyatakan  siap untuk  melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan negara dari Mabes TNI. Danrem 121/Abw juga menyampaikan  bahwa Yonif 642/Kps merupakan Batalyon yang berada dibawah komando Korem 121/Abw. kepercayaan yang diberikan Negara untuk tugas ini, harus diemban dengan baik dan dengan semangat. sehingga nanti dapat berhasil sesuai yang diharapkan," pungkasnya.

Sumber : Heri/Penrem 121/Abw.

Previous
« Prev Post