HEADLINE NEWS

Kategori

GOTONG ROYONG PEMASANGAN SALIB SEBAGAI BATAS DUSUN JONTI

Sanggau – Rabu (8/04/2020) Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) Reguler Perbatasan ke-107 TA 2020 Kodim 1204/Sanggau Serka Ardi dan beberapa anggota Satgas TMMD, bersama warga setempat bergotong royong memasang tanda batas dusun Jonti desa Sei Batu Kec Kapuas Kab Sanggau.

Dalam penentuan letak administrasi desa agar dalam pemerintahan desa mudah dalam pengaturan, maka desa membagi wilayah menjadi dusun dusun. Untuk mengetahui batas wilayah antar dusun maka dibuatlah satu tanda pengenal agar warga masyarakat tahu masuk wilayah dusun mana.

Serka Ardi yang hadir pada kegiatan gotong royong tersebut mengatakan bahwa batas antar dusun sengaja dipasang beramai ramai dengan warga dusun Jonti agar semua warga tahu dan jelas sampai dimana batas wilayahnya, sehingga warga atau masyarakat bisa mengerti batas dusun terlatak tepat di Patok batas yang berupa Salib. Jelasnya.

Kepala wilayah dusun Jonti bapak Susilo Samuel yang pada saat itu ada dilokasi bahwa kami sebagai warga masyarakat sangat berterima kasih sampai dengan saat ini Satgas TMMD masih peduli dengan warga dusun Jonti, yang mana masih bisa bergabung untuk bergotong royong melaksanakan pemasangan patok batas dusun Jonti. Ungkapnya

Batas wilayah yang disanag kali ini yang sudah menjadi tradisi turun temurun menggunakan tanda salib, ini mempunyai arti bahwa kalau ada orang yang melewati batas Salib tersebut berarti sudah memasuki pemukiman wilayah dusun Jonti  dan penduduk mayoritas beragama khatolik. Tambahnya.

Sumber  : Heri/Penrem 121/ABW
Publish : suarasintang.com

Previous
« Prev Post