HEADLINE NEWS

Kategori

Koramil 1204-14/ Belitang Hilir Gelar Sosialisasi Program Desa Mandiri Cegah Karhutla

Sekadau,suarasintang.com - Koramil 1204-14/Belitang Hilir,kecamatan Belitang hilir, Kabupaten Sekadau  gelar sosialisasi program desa mandiri menuju langit biru, di Aula kantor Camat Belitang hilir Kamis, (27/2/20) pagi.

Program tersebut di laksanakan dalam rangka meminimalisir dampak dari pada cara berladang dangan cara membakar. 

Sosialisasi yang bertemakan "DESA MANDIRI MENUJU LANGIT BIRU DI BUMI KHATULISTIWA" Bertujuan mengubah pola dalam mengolah lahan untuk bercocok tanam khususnya berladang serta menghindari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).
Program tersebut merupakan ide yang dicetus oleh Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad. Untuk menangkal karhutla yang menjadi permasalahan yang selalu berbenturan dengan kearifan lokal masyarakat petani khususnya peladang.

Kegiatan yang dihadiri 3 pilar TNI, Polri dan pemerintahan Kecamatan tersebut diharapkan dapat menjadi acuan bagi masyarakat agar dalam membuka lahan untuk tidak dibakar sehingga terhindar dari polusi asap yang dapat mengganggu kesehatan.

Dalam sambutannya Plh Danramil 1204-14/Belitang Hilir,Sersan mayor Risbendoni menyampaikan, kegiatan ini di lakukan sesuai intruksi Pangdam Xll/Tanjung Pura, untuk mengubah cara atau pola dalam bertani khususnya bagi para peladang. 

" cara ini tidak merubah kearipan lokal, seperti bergotong royong menebang kayu, menanam padi dan sebagainya, hanya saja cara ini tidak dengan membakar, "tutur Dandramil. 

Ia berharaf dengan saling bersinergi dengan seluruh lapisan masyarakat dan di dukung oleh kepala desa, Babinsa, Bhbinkamtibmas, dinas pertanian kecamatan, toko adat, toko agama dan kelompok tani, maka harapan tersebut bisa terwujud, " terangnya. 

"kalau tidak kita bersama - sama untuk memulai program ini siapa lagi, mari kita ciptakan langit biru di Kecamatan Belitang hilir ini dengan cara bercocok tanam tanpa membakar, " harapnya singkat. 

Kepala Desa Kumpang Bis, Vinsensius, SE yang memakili 8 kepala Desa lainnya, dalam kesempatan tersebut menyambut baik program atau kegiatan yang dicetus oleh pangdam XII/Tanjungpura, dan ia nyatakan siap mensosialisasikan dan menggerakan masyarakatnya untuk bercocok tanam tanpa membakar dengan serta menyiapkan lahan untuk percontohan .

Selain itu kepala dusun Semadu juga berterima kasih, ia berharaf semoga dengan adanya sosialisasi ini, pola bertani masyarakat dapat menjadi lebih baik.

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat belitang hilir  Sekeresno Benyamin, S. Sos  Polsek Belitang Hilir di wakili oleh kanit Binmas, Seluruh Babinsa Koramil 14 / sungai ayak, Bhabinkamtibmas Polsek Belitang hilir dan Seluruh kepala desa se-kecamatan belitang hilir beberapa tokoh adat serta tokoh masyarakat di Di kecamatan belitang hilir.(Didi)

Previous
« Prev Post