HEADLINE NEWS

Kategori

KETUA DAN ANGGOTA DPRD SINTANG MENGHADIRI ACARA MUSRENBANG SERAWAI

SINTANG. Ketua DPRD Sintang, Florensius Ronny menghadiri kegiatan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan di Nanga Serawai Kecamatan Serawai, Selasa (18/02/2020). 

“Tahun ini merupakan tahun yang cukup sulit untuk kita di Sintang dalam proses penganggaran karna ada kegiatan pemilihan kepala daerah dan pemilihan kepala desa di lebih dari 300 desa,” kata Ronny. “Yangmana semua itu, menyerap sebagian besar anggaran kita. Bahkan kami mengalami pemangkasan yang cukup besar pada perjalanan dinas selain itu pembangunan-pembangunan fisik menjadi sangat berkurang. Namun, anggaran kita untuk pembangunan desa melalui dana ADD masih cukup besar, mencapai nilai seperempat dari total anggaran daerah, sehingga kita harapkan para kepala desa memperhatikan dengan baik pembangunan yang ada di desa, ” sambungnya.  

Politisi Partai Nasional Demokrat itu menegaskan bahwa sejauh telah menghadiri musrenbang tingkat kecamatan dirinya semakin merasa bersemangat untuk membawa usulan-usulan pembangunan dari masyarakat hingga ketingkat pusat, salah satunya berkaitan dengan usulan reward untuk peningkatan status desa.
“Mari kita sama-sama selesaikan apa-apa yang menjadi tanggungjawab kita bersama. Yang menjadi tanggungjawab desa laksanakan oleh pihak desa, yang menjadi tanggung jawab kami di kabupaten akan kami usahakan dengan baik juga sehingga proses pembangunan kita bisa berlangsung dengan cepat,” pesan Ronny.

Turut hadir dalam kegiatan ini anggota DPRD lainnya, Sandan S.Sos, Zulkarnain, Kusnadi, SE dan Rudi Andryas dari daerah pemilihan Serawai-Ambalau. Tampak pula anggota DPRD lainnya, Melkianus, S.Sos, Kartimia Marwani dan Alpius, S.Pd.K dari Komisi C dan Billy Welsan dari Komisi D.

Camat Serawai, Rafael Nurdin, S.Kep menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan proses musrenbang-musrenbang di 38 desa yang ada di Serawai. Ia mengucapkan rasa senangnya atas kehadiran ketua DPRD beserta sejumlah anggota DPRD lainnya. 

“Kegiatan ini merupakan kelanjutan musrenbang desa yang sudah dilakukan oleh semua kades di desannya masing-masing beberapa waktu lalu,” kata Nurdin. “Tujuannya untuk memberikan usulan melalui musyawarah. Yang mana usulan pembangunan tersebut adalah hal yang benar-benar kita perlukan,” tambahnya. 

Menurut camat yang baru saja dilantik pada awal tahun, usulan-usulan yang diperoleh hari ini selanjutnya akan dibawa ke musrenbang tingkat kabupaten. Pada kesempatan ini disampaikan juga paparan dasar arah perencanaan pembangunan Kabupaten Sintang tahun 2020 dari Badan Perencanaan Pembangunan (Bapeda) Kabupaten Sintang. 

“Kita sangat bersyukur bahwa hari ini hadir bersama kita di sini ketua DPRD dan sejumlah anggota DPRD lainnya, semoga apa yang dulu saya dengar yang namanya musrebang itu kepanjangannya musyawarah keren hasil ngambang, bisa kita putuskan akronimnya tidak lagi hasilnya mengambang, tapi lebih pasti, sehingga bisa memuaskan kita semua terkait dengan arah pembangunan kita ya,” terang Nurdin lagi. (Red)

Previous
« Prev Post