HEADLINE NEWS

Kategori

Bupati Sintang kehamornisan memang harus terus diperjuangkan dan dijaga

Sintang - Bupati Sintang dr H Jarot Winarno, M. Med. PH dan Wakil Bupati Sintang Drs. Askiman, MM menghadiri perayaan Natal Oikumene 2019 dan Tahun Baru 2020 Ikatan Keluarga Dayak u’ud Danum (Ikadum) Kabupaten Sintang di Gedung Pancasila pada Rabu, 23 Januari 2020. 
Menurut Bupati Sintang, tema natal nasional tahun 2019 sangat luar biasa karena perlu diakui bahwa kehamornisan memang harus terus diperjuangkan dan dijaga oleh seluruh komponen anak bangsa. “Indonesia itu unik dan luar biasa. Kita memiliki suku dan bahasa yang sangat banyak namun kita bisa hidup damai. Sementara  dibelahan bumi lainnya, ada wilayah yang dihuni kelompok yang sama namun bisa terpecah belah. Kita di Sintang juga sangat relevan menjaga persatuan dan kesatuan ini. Ada masalah, tapi mampu kita selesaikan dengan baik. Masalah biasanya muncul karena ada perlakuan tidak adil terhadap suatu kelompok” terang Bupati Sintang.
“Pemkab Sintang terus memperhatikan  pembangunan  di semua pelosok Kabupaten Sintang tanpa membeda-bedakan. Kita juga akan tembuskan jalan dari Nanga Sake  ke Kolongan Juoi. Kita juga akan bangun jalan dari Desa Nanga Keremoi ke Desa Kepala Jungai melalui kegiatan  TMMD tahun 2020 ini. Pasar juga akan kita bangun di Nanga Kemangai supaya lebih maju dan berkembang. Rasanya, porsi pembangunan sudah kita bagikan untuk wilayah Serawai Ambalau. Masyarakat disana jangan merasa di sisihkan. Dan kita tetap bersatu” tambah Bupati Sintang.
“tahun ini akan ada pilkada,   saya yakin tidak akan ada masalah. Yang akan ada masalah itu adalah pilkades serentak. Ini yang rawan menurut saya. Mari kita sama- sama antisipasi karena kalau pilkades tetap aman damai maka akan menjadi modal sosial kita dalam membangun. Bagi saya, Sub Suku Dayak U’ud Danum sejajar bahkan lebih dari sub suku dayak yang lain di Kabupaten Sintang dalam hal perhatian kita. Rumah singgah sudah kita mulai bangun. Namun kita minta bantuan tokoh masyarakat Serawai Ambalau untuk menyelesaikan rumah singgah. Kami tidak bisa membantu rumah singgah ini untuk dua tahun berturut turut.  Selain itu, kita mendukung 10 ribu hektar kawasan air terjun nokan kayan sebagai kawasan hutan adat” tambah Bupati Sintang. 
Ketua Umum Ikadum Kabupaten Sintang AM Calon menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Sintang yang sudah membangun rumah singgah Ikadum yang sudah pada tahap pembangunan fondasi. “Ini menandakan perhatian kepada sub suku Dayak U’ud Danum sangat tinggi. Kita juga sudah memasuki tahun 2020. Pesan saya, generasi muda Ikadum agar menatap masa depan dengan optimis dan semangat. Kami orangtua siap mendorong kaum muda untuk terus maju” terang AM Calon.
Korintus Ketua Panitia Natal Oikumene 2019 dan Tahun Baru 2020 Ikadum Kabupaten Sintang menyampaikan bahwa seluruh warga Ikadum diharapkan mampu memahami makna natal yang sesungguhnya. “kita harus mampu menjalankan hidup sesuai ajaran Yesus Kristus. Ikadum diharapkan menjadi pelita yang bersinar bagi gereja dan bangsa” terang Korintus.
“melalui natal oikumene 2019 dan tahun baru 2020 kita akan semakin dipersatukan. Ini momen yang baik untuk bersilaturahmi warga Ikadum. Kita juga ingin agar ajaran kasih melalui sikap hidup terhadap sesama semakin kuat” terang Korintus.

Previous
« Prev Post