HEADLINE NEWS

Kategori

BUPATI SINTANG LAKUKAN PANEN RAYA HASIL KUBE KKU

Sintang - Bupati Sintang, dr. Jarot Winarno, M.Med,PH melakukan panen raya hasil kebun kelompok usaha bersama (KUBE) di Kelurahan Kapuas Kiri Hulu (KKU) Sintang, Kamis (19/12/2019). Kube ini merupakan 2 dari 30 Kube di Kecamatan Sintang yang menjadi binaan Kementerian Sosial Republik Indonesia melalui Dinas Sosial Kabupaten Sintang. 

“Di Sintang ada sepuluh ribu lebih keluarga harapan, dulu istilahnya keluarga miskin. Ada berbagai program ni udah dilakukan oleh negara untuk menyantuni keluarga miskin kita, ada PKH, ada KIS, KIP termasuklah program Kube ni, semua itu jaring pengaman sosial sebagai upaya pemerintah mengentaskan kemiskinan yang ada,” kata dr. Jarot. 
Menurut orang nomor satu di Sintang itu, Kube seumpama kail yang diberikan kepada keluarga miskin. Dengan adanya akses modal dan pendampingan usaha diharapkan masyarakat binaan bisa keluar dari jaring kemiskinan. 
“Masyarakat miskin lebih sulit untuk dientaskan. Produktif itu kata kuncinya. Jangan hanya jual perenggi tapi jual dodol perenggi,” pesan dr. Jarot.  
Camat Sintang, Anna Prihantina, S.Sos,M.Si menyebutkan bahwa program Kube ini untuk Kecamatan Sintang menyasar ke 300 keluarga dari 864 keluarga harapan yang terdata. Dibagi dalam 30 kelompok usaha yang masing-masing beranggotakan 10 keluarga harapan. Jenis usaha yang dilakukan meliputi peternakan sapi, ayam, ikan, pertanian, toko sembako, dan toko kain keliling. 

“Saya harap kiranya kegiatan dua tahun ini mengubah para anggota dari miskin ke mandiri. Ada keinginan dari dalam untuk melepaskan diri dari kemiskinan,” kata Anna. “Kegiatan ini harus mampu dilanjutkan secara mandiri oleh kelompok. Hasil panen ini kita belikan bibit dan pupuk,” pesan satu-satunya camat perempuan di Sintang itu.

Kegiatan panen  ini dilakukan di 2 Kube yang berusaha pada bidang pertanian holtikultura, Kelompok Mekar Indah dan Sari Rasa. Pada prosesnya, setiap Kube dapat 20juta per kelompok.

Turut hadir dalam acara tersebut, Plh. Kepala Dinas Sosial, Arbudin; Kepala DPMPTSP, Sudiyanto dan Kepala Disdikbud, Lindra Azmar serta sejumlah tamu undangan.(Red/HMS)

Previous
« Prev Post