Kategori

Tuah Mangasih ST,M.Si : Bahas Tupoksi DPRD Sintang Dalam Rapat Orientasi

Sintang, Lembaga Legislatif atau Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) adalah merupakan lembaga perwakilan rakyat daerah yang kedudukannya sebagai unsur penyelenggara Negara yang bekerjasama dengan Pemerintahan daerah, dan pemerintah daerah berkedudukan sebagai mana diketahui bersama bahwa pemerintahan daerah merupakan sub sistem pemerintah pusat yang berfungsi Sub Sistem yang saling terintegrasi, mendukung, tidak berlawanan dan saling terkoordinasi didalam sistem pemerintahan,dan penyelenggara Negara.
Tuah Mangasih ST, M.Si, Anggota DPRD Sintang yang turut Dalam Rapat Orientasi I sampai VI bertempat di Hotel Golden Tulip Pontianak, mengatakan bahwa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah bersama Pemerintah Daerah merupakan Sub Sistem dari Pemerintah Pusat maka sebagai Sub Sistem, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah merupakan suatu kesatuan yang utuh dan tidak terpisahkan dari Pemerintah Daerah, kata Tuah Mangasih saat di hubungi melalui via selular 17/10/2019.
Yang menjadi modal utama yang harus kita pahami adalah,  tentu bagaimana bentuk hubungan antara Pemerintahan Daerah dengan DPRD adalah sebagai hubungan kemitra kerja dalam menghasilkan kebijakan sesuai dengan fungsinya, maka antara Pemerintah Daerah dengan DPRD akan terbangun hubungan kerja yang saling mendukung, ungkap Tuah.

Tuah Mangasih menjelaskan kembali bahwa DPRD memiliki fungsi yaitu Fungsi Pembentukan Peraturan Daerah, Fungsi Anggaran dan Fungsi Pengawasan, ketiga fungsi ini yang harus dilaksanakan dengan baik dalam kerangka representasi dimasyarakyat.

Tuah menambahkan "Yang pasti Dengan Dilaksanakan Orientasi ini tujuannya agar kita para anggota DPRD Sintang mendapatkan pembekalan yang standard lah, kita mendapatkan berbagai materi baik termasuk pengenalan tugas pokok dan fungsi, perencanaan pembangunan, pengelolaan keuangan daerah, sampai kepada materi yang berkenaan dengan pencegahan tindak pidana korupsi, dan hal inilah sebagai bekal dalam melaksanakan Tupoksi kita sebagai DPRD Sintang",tambahnya . (Red

Previous
« Prev Post