HEADLINE NEWS

Kategori

Tuah Mangasih, Harapkan HKTI Berperan Agent Of Change Bagi Petani

Sintang - Dewan Pimpinan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia ( HKTI) Kabupaten Sintang masa periode 2019-2024 telah dilantik berjumlah 73 orang oleh Ketua Dewan Pimpinan Provinsi  Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (DPP HKTI) Kalimantan Barat Edy Suyanto, SE pada Kamis 3/10/19 di Pondopo Bapak Bupati Sintang.

Pada periode 2019 - 2024 yang menjadi Ketua Harian HKTI Kabupaten Sintang adalah dr. H. Jarot Winarno, M.Med.PH dan pengurus Inti Anggota DPRD Kabupaten Sintang Tuah Mangasih Situmorang. 

dr Jarot Winarno M.Med.PH mengatakan Ada tiga (3) hal yang  menjadi pokok permasalahan para Petani di Kabupaten Sintang yaitu hak atas tanah yang dikelolanya, akses permodalan dan pemasaran produk yang dihasilkan, dan petani bermasalah dengan nilai jual produk-produknya.

Jarot menjelaskan bahwa Kabupaten Sintang menggantungkan diri pada 3 komoditas utama yaitu karet, sawit dan sahang atau lada. “Dalam jumlah kecil, dengan luasan lahan hanya 7.700 hektar kita pun mencoba memenuhi dengan tanaman Padi”, Maka Kabupaten Sintang harus bergeser dari ekonomi yang ekstraktif ke ekonomi yang lebih kreatif,  Ia berharap kelak lahan-lahan di Kabupaten Sintang dapat digunakan untuk pertanian yang kreatif.

Diselah selah pelantikan HKTI,  Tuah Mangasih menyampaikan ucapan Terima kasih dengan dilantiknya Pengurus HKTI Sintang, "Dimana kita telah mendengar produk produk HKTI kedepan seperti yang telah terlaksana bahwa saat ini Credit Union Keling Kumang dengan Solidaridad telah mengembangkan pusat kajian kopi dan kakao, Kemudian Solidaridad juga bekerjasama dengan HKTI untuk mengembangkan teh".

Dan Barang tentu HKTI sangat mendukung masyarakat dalam meningkatkan pendapatan petani karena dalam program program kerja HKTI adalah mengubah paradigma untuk mengubah cara masyarakat dalam bertani yang benar, Dan bukan hanya itu saja HKTI siap menampung hasil Tani masyarakat, Yang terpenting kwalitas hasil pertanian bagus dan HKTI siap memberi solusi bagi masyarakat petani Kabupaten Sintang, ungkap Tuah. 

Tuah berharap sebagai Wakil Rakyat Kabupaten Sintang menyampaikan agar HKTI dapat berperan menjadi agent of change pelopor perubahan dan menjadi revolusi untuk para masyarakat petani Kabupaten Sintang, harap Tuah Mangasih Situmorang. 

Rilis : Aris
Editor : L.Sugiarto

Previous
« Prev Post