Dinkes Sintang Jalin Kerjasama Pengelolaan bidang Kesehatan

Sintang Kalbar – Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang menjalin kerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PPMD) dalam sosialisasi pemanfaatan dan penggunaan anggaran dana desa di bidang kesehatan, dan untuk tahap awal ini ada 40 desa yang kita ikut sertakan, hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr. Harysinto Linoh saat diwawancarai dikantornya. Selasa (22/10/2019)
Kerjasama ini bertujuan agar adanya alokasi bidang kesehatan lebih optimal dalam penanganan sosial masyarakat, sehingga pemanfaatan dan kegunaannya di bidang kesehatan lebih efektif, sehingga tidak terfokus hanya untuk infrastruktur jalan dan jembatan saja, maupun bidang lainnya, oleh karena itu perlu adanya sosialisasi, agar kepala desa bisa berpartisipasi untuk membangun bidang kesehatan ini lebih baik lagi, ucap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr. Harysinto Linoh.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr. Harysinto Linoh juga menyebutkan bahwa, penanganan kesehatan ini sangat penting, seperti stunting, desa ODF, air bersih, posyandu dan masih banyak lagi, sehingga perlu adanya kerjasama kepala desa, untuk partisipasinya dalam penanganan dengan pemanfaatan dana desa yang lebih baik lagi, makanya perlu adanya sosialisasi, agar kepala desa mengerti tata cara penggunaan anggaran dana desa, supaya faham aturan-aturannya, jelas Sinto Kita juga berharap agar penggunaan dana desa bisa masuk 10%, untuk bidang kesehatan, dan dorongan ini langsung dari kementerian kesehatan sebagai inisiator, sehingga kita di dinas kesehatan menggadeng dinas Pemdes, untuk bekerjasama dalam penyusunan program-program di bidang kesehatan, apalagi di kabupaten sintang yang masuk desa ODF, (open defication free) atau stop buang air besar sembarangan, baru 40 desa yang ODF dari 391 desa yang ada di kabupaten sintang, sehingga didesa tidak ada lagi yang menggunakan jamban atau lanting, makanya kita ingin semua desa masuk menjadi desa ODF, ucap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr. Harysinto Linoh. (tinus)

Previous
« Prev Post