Kategori

Dandim 1202/Skw Menghadiri Lecture Public Tentang Tolerasi Multikulturalisme Masyarakat Singkawang di UGM.

Jogyakarta - WaliKota Singkawang Ibu Tjhai Cui Mi, menyapaikan kota singkawang mendapatkan predikat Nomor 1 sebagai kota tertoleransi tingkat nasional ternyata mendapat perhatian serius dari Universitas Gajah Mada (UGM) untuk mengetahui lebih mendalam maka UGM Yogyakarta melalui Fakuktas Filsafat mengundang Ibu Walikota, Wakil Walikota dan Forkopimda untuk hadir memberikan kuliah umum menjelaskan tentang perbedaan yang ada namun tetap memiliki persatuan yg kuat serta mempunyai jiwa toleransi yang tinggi.
Walikota Singkawang menjelaskan bahwa "Kota Singkawang merupakan kota yang luar biasa kemajemukannya yang bisa dilihat dari multi etnis yaitu terdapat 17 etnis dengan 3 suku besar yaitu Tionghoa, Dayak dan Melayu namun semua dipersatukan oleh Pancasila sebagai dasar negara kita".

Di tempat yang sama, Dandim 1202/Skw Letkol Arm Victor J.L Lopulalan S.Sos, mengatakan bahwa pihaknya merasa senang bahwa ada universitas ternama di Indonesia seperti UGM yang tertarik ingin mengetahui lebih dalam kebhienekaan dan keberagaman multi kulturak baik etnis dan budaya di Kota Singkawang. “Tentunya masyarakat Singkawang patut berbangga bahwa Singkawang menjadi pusat studi penelitian, di antaranya menyangkut soal nilai-nilai khususnya kota tertoleransi se- Indonesia. Semoga kedepan Singkawang dapat menjadi center of tolerant di Indonesia dan bisa dicontohi dari daerah-daerah lain" katanya.
Menurut Kepala Laboratorium Filsafat Nusantara UGM Bapak Dr. Rizal turut juga memberikan paparan dan pemahaman kepada para Mahasiswa dan Dosen fakultas Filsafat bahwa ilmu Filsafat dalam lokus penelitian di Sibgkawang menitikberatkan pada perbedaan karena dengan adanya perbedaan yang dijaga melalui sikap toleransi yang tinggi maka akan membentuk suatu persatuan yang kuat. "Dulu saya pernah tinggal di Singkawang karena saya memang putra Singkawang meninggalkan Singkawang tahun 1974 kemudia merantau ke pulau Jawa". Pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya rombongan Pemkot Singkaaang diantaranya Walikota Singkawang, Wakil Walikota Singkawang, Dandim 1202/Singkawang, Kapolres Singkawang, Ketua Mui, Kepala Kantor Agama dan Sekretaris FKUB. Sedangkan dari pihak UGM turut hadir Kepala Lab Filsafat Nusantara, Wakil Dekan Bidang Keuangan, Para Civitas Akademik dan Mahasiswa Fakultas Filsafat UGM.

Kegiatan tersebut berlangsung dengan tertib yang diakhiri dengan tanya jawab dari para mahasiswa dan Walikota serta Wakil Walikota.
Sumber : Pendim 1202/Skw

Previous
« Prev Post