Kategori

WAKIL BUPATI SINTANG DRS. ASKIMAN,MM HADIRI GAWE DAYAK KE. I DI KECAMATAN SEPAUK KABUPATEN SINTANG

Sepauk - Ribuan masyrakat  Dayak  Kecamatan Sepauk  Kabupaten Sintang pada hari   Jumat, 09/08/2019   melaksanakan  Gawe Nyelapat tahun(Gawe Dayak)  ke. I  Tingkat Kecamatan Tahun 2019 dihadiri Wakil Bupati Sintang Drs. Askiman,MM sekaligus membuka acara kegiatan.
Pada kegiatan Gawe Nyelapat tahun(Gawe Dayak)  ke. I Tingkat Kecamatan sebagai puncak kegiatan tradisi budaya masyarakat dayak  tersebut, juga dIhadirI, Sekretaris DAD Kabupaten Sintang  Herkulanus Roni,Camat Sepauk Chinghan, Danramil sepauk, Kapolsek Sepauk, Ketua FPD Kecamatan Sepauk serta Ketua Dewan Adat sepauk, para kepala desa,  tokoh adat, para tumenggung, tokoh agama  Kecamatan Sepauk.
Wakil Bupati Sintang Drs. Askiman,MM  dalam kata sambutannya mengatakan,  bahwa  kegiatan gawe dayak yang dilaksanakan masyarakat ini sangat luar biasa  dan  menjunjung tinggi adat, dan pemerintah kabupaten Sintang sangat memberikan apresiasi  dengan kegiatan ini“gawe daya tingkat Kecamatan Sepauk yang pertama kali dilaksanakan ini mari kita jadikan sebagai kegiatan gawe  yang dilaksanakan secara rutin  dalam setiap tahunnya”
“kegiatan gawe dayak yang dilaksnakan ini jangan dijadikan politisir sebagai salah satu sisi untuk kepentingan politik, tetapi benar-benar melaksanakannya  dengan rasa syukur yang sungguh sangat luar biasa , rasa dama sejahtera yang luar biasa, rasa ungkapan sukur yang luar biasa kepada Tuhan Yang maha Kuasa atas sebagal berkat  dan karunianya yang diberikan kepada kita  sepanjang hari , sepanjang minggu, sepanjang bulan  dan sepanjang tahun yang pantas untuk kita syukuri”  tegas Wakil Bupati Sintang Drs. Askiman,MM.
Selain itu dalam kata sambutannya  Wakil Bupati Sintang Drs. Askiman,MM  juga menjelaskan , sesuai dengan tema Gawe Dayak yang dilaksanakan di kabupaten Sintang  tahun 2019 ini”saya mengajak semuanya mari kita wujudkan  rasa kebersamaan, rasa persatuan dalam rangka kita membangun negeri kita tercinta ini, walaupun kita hidup di beraneka ragaman, mari kita bersatu , mari kita mendewasakan  diri kita dengan rasa cinta damai  dan membangun rasa kekeluargaan untuk kepentingan bersama”.
Sementara itu,  Ketua Panitia Gawe Nyelapat tahun(Gawe Dayak)  Tingkat Kecamatan ke. I   Kecamatan Sepauk  Kabupaten Sintang Nurdin,S.Sos  menjelaskan,  bahwa kegiatan Gawe dayak yang dilaksanakan ini sebagai ucapan rasa sukur dalam segala usaha dan panen yang berlimpah, juga untuk menjalin silaturahmi”kegiatan gawe dayak ini dilaksnakan  selama tiga hari  secara bersama-sama oleh seluruh masyrakat  dayak di kecamatan Sepauk mulai  tanggal   09  hingga  11 Agustus 2019  dilapangan  sepakbola  SMA Negeri I Kecamatan Sepauk,  dengan disemarakkan dengan berbagai lomba tradisi masyarakat seperti lomba lagu dayak, lomba tari dayak, lomba lukis perisai, lomba menyumpit serta kegiatan lomba lainnya

Sumber :Humpro Pemda Sintang.

Editor : Redaksi Suarasintang.com.

Previous
« Prev Post