Wabup Sekadau Buka Gawai Adat Dayak Mualang Di Kecamatan Belitang

Sekadau - Masyarakat suku Dayak Mualang Desa Maboh Permai kecamatan Belitang merayakan Gawai Adat Berkat Benih -IV tahun 2019.

Kegiatan Gawai Adat merupakan tradisi dan kebudayaan tahunan suku Dayak sebagai wujud syukur atas panen padi di desa Maboh Permai.

Gawai Adat Dayak dipusatkan di Pasar Rakyat desa Maboh Permai kecamatan Belitang mengusung tema "Melalui Gawai Dayak Kita Ciptakan Persaudaraan Yang Erat Antar Sesama Manusia & Menjunjung Tinggi Kebudayaan Sebagai Pedoman Hidup Bermasyarakat, pada minggu (23/6/2019).
Hadir dalam kegiatan ini, Wakil Bupati Sekadau Aloysius, SH, M.Si, Kadispora, Kapolres Sekadau diwakili Kasat Samapta IPTU Kamto, Kasat Binmas IPTU Masdar, Ketua DAD Sekadau Wilbertus Willy, Kapolsek Belitang IPDA Agus Junaidi, Danramil Peltu Jamal, Camat diwakili Sekcam Jaluk, Kades Maboh Permai Sebastian, dan elemen masyarakat berserta warga desa Maboh Permai.

Gawai Adat Dayak dibuka langsung oleh Wakil Bupati Sekadau Aloysius, SH, M.Si ditandai dengan pemukulan gong yang disaksikan tamu undangan beserta masyarakat desa Maboh Permai.

Dalam kata sambutannya, Wakil Bupati mengapresiasi kepada panitia yang telah menggelar acara ini baik dari persiapan hingga pelaksanaan pada hari ini. Terimakasih juga diberikan kepada para pihak yang turut membantu pelaksanaan Gawai Dayak di desa Maboh Permai.

"Kedepan selain dilaksanakan pekan Gawai Dayak di tingkat desa juga akan diadakan tingkat kecamatan dan kabupaten tahun 2019," tambahnya.

Sementara itu Kapolsek Belitang IPDA Agus Junaidi juga menyampaikan pesan serta imbauan Kamtibmas kepada masyarakat.

"Selamat merayakan Gawai kepada masyarakat desa Maboh Permai. Kami Polsek Belitang dan Koramil sangat mendukung kegiatan ini," ucapnya singkat. (Dk/Didi)

Previous
« Prev Post