Kapolsek Belitang Tinjau Hari Kedua Pelaksanaan UNBK di SMA Negeri 1 Belitang

SEKADAU, suarasintang.com - Kapolsek Belitang Ipda Agus Junaidi telah memerintahkan personel Polsek untuk melaksanakan pengamanan pelaksanaan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) tingkat SMA Negeri.

Selasa pagi, bertempat di SMA Negeri 1 Belitang, dua orang personel Polsek Belitang yaitu Bripka Marsudi selaku Kanit Intel, Bripka Sugito Tarihoran selaku Kanit Reskrim dan Babinsa Koramil Serda Sayuti melaksanakan pengamanan tertutup pelaksanaan UNBK tahun ajaran 2018/2019, Selasa (2/4/2019) pagi.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Belitang Agus Supriyanto, M.Pd menerangkan bahwa pelaksanaan UNBK tahun ini merupakan tahun kedua yang diadakan di SMA Negeri 1 Belitang dan berlangsung selama 4 hari.

Sebanyak 57 unit komputer disediakan pihak sekolah untuk mendukung para pelajar dalam kegiatan UNBK, serta genset milik sekolah sebagai sarana untuk menunjang komputer karena pada jam 06.00-16.00 WIB listrik di Kecamatan Belitang padam.
UNBK diikuti oleh pelajar kelas XII dimulai dari hari senin tanggal 1 April, 2 April, 4 April dan 8 April 2019 dengan setiap harinya hanya satu mata pelajaran dan hari ini merupakan hari kedua pelaksanaan UNBK dengan mata pelajaran Matematika.

Agus juga menjelaskan pelaksanaan UNBK hari ini berjalan lancar, tertib seperti pelaksanaan hari pertama kemarin karena dibagi menjadi 3 sesi diantaranya sesi pertama dimulai dari jam 07.30-09.30 WIB, sesi kedua jam 10.00-12.00 WIB, sesi ketiga 14.00-16.00 WIB.

Senada dengan Kepala Sekolah, Widiantoro selaku Ketua Panitia UNBK menjelaskan bahwa pengawas UNBK sebagian berasal dari internal dan ada 1 orang pengawas yang berasal dari SMA Negeri 1 Belitang Hilir.

Total pelajar yang mengikuti UNBK sebanyak oleh 115 pelajar terdiri dari 68 pelajar laki-laki, 47 pelajar perempuan, dan ada 1 orang pelajar tidak mengikuti UNBK pada hari ini an. Handika Rahmat Sahputra dengan alasan mengundurkan diri semenjak duduk dikelas Xl.

"UNBK tidak menentukan kelulusan karena kriterianya sesuai prosentase 70-30 yaitu, 70% berdasarkan nilai raport dan 30% berdasarkan perpaduan antara USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional) dan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer)," jelas Widiantoro.

Kapolsek Belitang juga menambahkan bahwa personel Polsek sudah diploting dan siap melaksanakan pengamanan dimulai dari sesi pertama s/d sesi ketiga dengan bekerjasama dengan pihak SMA Negeri 1 Belitang.

Tujuan dilakukan pengamanan adalah agar pihak Polsek dengan Koramil Belitang dapat bersinergi untuk meminimalisir segala kejadian, dan diharapkan dapat mengawal semua kegiatan UNBK dengan tertib sesuai harapan bersama.

Terahir Ipda Agus berharap agar pelaksanaan UNBK di SMA Negeri 1 Belitang dapat berjalan aman, tertib dan lancar serta para pelajar dapat fokus mengikuti Ujian tersebut tanpa adanya suatu kendala.( Didi )

Previous
« Prev Post