Kategori

GEMPA BUMI TEKTONIK M3.1 Guncang Sintang, Tak Berpotensi Tsunami

Sintang,suarasintang.com - Sesuai dengan presliris yang di.keluarkan BMKG pada Rabu, (27/3) 2019, pukul 05:40:14 WIB wilayah Sintang dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukan gempabumi ini memiliki kekuatan M=3.1.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0.08 LU dan 111.92 BT, atau tepatnya berlokasi di darat 48.63 km Timur laut Sintang-KALBAR pada kedalaman 5 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar lokal.

Dampak gempabumi berdasarkan informasi dari masyarakat Dirasakan I-II MMI di Sintang-KALBAR.

Di daerah tersebut, guncangan gempabumi dirasakan oleh beberapa orang. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Terkait dengan peristiwa gempabumi yang baru saja terjadi, hasil monitoring BMKG belum menunjukan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (inatews.bmkg.go.idatau www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

Balikpapan, 27 Maret 2019
Kepala Stasiun Geofisika Balikpapan

Mudjianto
NIP. 196312241990031002

Sumber.   : Rilis  BMKG

Previous
« Prev Post