Kategori

STAF AHLI BUPATI MEMBUKA PELATIHAN MANAJEMEN BUMDES


Sintang,suarasintang.com.Staf Ahli Bupati Sintang bidang Hukum dan Politik, Drs. Syarifuddin, MM membuka kegiatan pelatihan Peningkatan Keterampilan Manajemen dan Pengelolaan BUMDes se-Kabupaten Sintang di Aula CU Keling Kumang Sintang, Kamis (14/11/2018).Pemberdayaan bagi masyarakat desa adalah salah satu prioritas pembangunan kita, baik ditingkat Nasional melalui Nawa Cita Presiden Jokowi dan di daerah lewat prime mover Pemda Sintang, membangun dari pinggiran,” kata Syarifuddin dalam sambutannya pagi itu. “kita mau proses pembangunan itu berlangsung dari bawah, dan itu dimulai dari keberlangsungan hidup di desa,” tambahnya. 
Peserta kegiatan ini sebanyak 90 orang. Para peserta berasal dari 11 Kecamatan yang ada Di Kabupaten Sintang. Staf Ahli Bupati Sintang Bidang Hukum dan Politik itu mengalungkan name tag kepada perwakilan peserta, sebagai simbolisasi dimulainya acara pelatihan. 
kegiatan ini merupakan salah satu langkah strategis yang Pemda lakukan untuk memperkuat BUMDes kita yang ada di Sintang ini,” ungkap Syarifuddin. “pada proses penguatan SDM BUMDes ini kita mau merangkul keseluruhan potensi dan kearifan lokal untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat desa,” ujarnya lagi.
Kegiatan berlangsung selama 2 hari. Pelatihan kali ini mengusung tema, ‘meningkatkan, mengoptimalkan dan menciptakan perekonomian desa dalam pengembangan potensi desa melalui BUMDes’.
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Herkolanus Roni, SH,.M.Si menyampaikan bahwa kegiatan ini diperuntukkan bagi para penasehat dan pengelola atau pengurus BUMDes se-Kabupaten Sintang.  Salah satu tujuan kegiatan ini, untuk meningkatkan kemampuan, pemahaman dan wawasan para penasehat dan manajer BUMDes.kita ingin mereka mampu untuk melaksanakan tugas dan fungsinya, sehingga prakarsa dan kreatifitas masyarakat dalam pengembangan ekonomi mereka ya,” kata Roni. “kita ingin mereka mampu memanfaatkan sumberdaya dan potensi local desa masing-masing melalui BUMDes,” tambahnya.
Kegiatan ini mendatangkan narasumber dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Propinsi Kalimantan Barat. Selain itu para pemateri juga berasal dari berbagai instansi pemerintahan dan BUMN Perbankan yang ada di Sintang.lewat acara ini, kita juga mau mengoptimalkan peranan pemerintah dalam membina dan mendampingi masyarakat kita untuk bertumbuh dan berkembang sehingga akan menghasilkan produk unggulan desa, pembangunan infrastruktur juga pengelolaan sumber-sumber daya yang ada di desa,” lanjutnya. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, beberapa Camat yang ada di Sintang.(*Sg)/hms

Previous
« Prev Post