HEADLINE NEWS

Kategori

SMP 01 BELITANG HILIR GELAR PERJUSAMI

SEKADAU,suarasintang.com.– Siswa-siswi SMP Negeri 01 Belitang Hilir, setiap tahunnya melakukan agenda rutin yakni menggelar acara Perjusami. Salah satu tujuan dari acara tersebut adalah untuk melatih mental peserta didik.
Acara yang digelar di depan sekolah itu dihadiri ratusan siswa-siswi. Mereka tampak akrab membaur bersama tanpa ada rasa perbedaan. Kendati kondisi cuaca kurang bersahabat, namun tidak menjadi penghalang bagi anak-anak untuk melaksanakan kegiatan tersebut.
“Salah satu tujuan diselenggarakannya kegiatan Perjusami ini adalah, untuk melatih anak-anak mandiri. Misalnya, kalau ada anak-anak yang tidak bisa masak ketika di rumah,dan atau misalnya bagi anak-anak yang bermanja-manja di rumah, disini kita ajarkan supaya mandiri,” kata Heli Tri Kuswantoro, Kepala SMP Negeri 01 Belitang Hilir, Sabtu (27/10/18) di Sei Ayak.
Disamping untuk membiasakan agar tumbuhnya rasa solidaritas yang tinggi bagi anak-anak, kegiatan ini juga untuk melatih kebersamaan dan keterampilan anak-anak.
Bahkan selain perkemahan, juga diadakan jelajah alam liar di sekitar kota Sei Ayak.
“Berkemah di lingkungan sekolah memang memiliki arti tersendiri bagi seorang pramuka sejati, dan akan membawa berjuta kesan disaat ia baru pulang berkemah di alam terbuka untuk yang pertama kalinya,” kata Heri.
Kegiatan seperti ini tentunya didasari permendikbud No. 63 tahun 2014, bahwa peserta didik itu wajib mengikuti kegiatan pramuka. Sehinga kata dia lagi, Gudep Oevang Oeray 05.001/05.002 Pangkalan SMP Negeri 01 Belitang Hilir menyelenggarakan perkemahan pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu. ( Didi )

Previous
« Prev Post