Kategori

Bupati Sintang Dukung Wahana Visi Bangun Air Bersih Dan Sanitasi Di 25 Desa

Sintang,suarasintang.com. Bupati Sintang dr. Jarot Winarno membuka kegiatan Project Launching dan Workshop tentang Safe Drinking Water Treatment (SDWT) Pengelolaan Air Minum Rumah Tangga (PAMRT) di Aula Dinas Kesehatan pada Selasa, 2 Oktober 2018.
Bupati Sintang dalam sambutanyya menjelaskan bahwa Kabupaten Sintang memang menghadapi masalah kemiskinan, ketahanan pangan-gizi dan pendidikan. “rata-rata usia sekolah di Sintang hanya sampai kelas 1 SMP. Daya beli masyarakat kurang sehingga berpengaruh pada pemenuhan gizi dan kemampuan mengenyam pendidikan. Asupan makanan dan pola asuh masih kurang. Sanitasi dan lingkungan masih buruk” terang Bupati Sintang.
“sanitasi dan lingkungan buruk menyebabkan asupan makanan menjadi tidak berkualitas. Juga menyebabkan usus kecil tidak berfungsi dengan baik dalam mengolah makanan karena usus kecil hanya sibuk melawan bakteri yang disebabkan sanitasi yang kurang baik. Akhirnya terjadi diare dan stunting. Maka Tahun 2019 nanti, ada lima mantra pembangunan di kabupaten sintang. Kelima mantra tersebut adalah menurunkan angka kemiskinanmemperbaiki dan menambah sanitasi, menyediakan air bersih, membangun infrastruktur dasar dan mulai membangun energi terbarukan. Itu menjadi mantra pembangunan tahun 2019. Semua kemampuan tenaga, dana dan pikiran kita curahkan untuk lima mantra ini” tegas Bupati Sintang.
“ada hasil penelitian yang menyebutkan air Sungai Kapuas sudah tidak terjamin keamanannya. Maka jangan gunakan air sungai ini untuk kebutuhannya air masyarakat. Maka kami bekerja keras untuk bisa menarik air Bukit Saran sebagai penyuplai air bersih bagi masyarakat Kota Sintang. Selain itu, di bebebrapa tempat, program penyediaan air minum berbasis masyarakat terus dikerjakan. Ada juga proyek perpipaan air bersih terus kita bangun. Maka kami sangat menyambut baik program ini dilaksanakan di Sintang. Saya paham tim wahana visi sangat lincah dalam bekerja dengan mampu memanfaatkan teknologi tepat guna. Saya minta dan berharap, kedepan bisa ditambah lagi jumlah desa dan kecamatan. Kalau tahun ini ada 25 desa di lima kecamatan. Berikutnya bisa 100 desa di 10 kecamatan. Kami dukung penuh program ini karena sanitasi dan air bersih merupakan 42 persen penyebab stunting” terang Bupati Sintang.
Margareta Siregar Pimpinan Wahana Visi Indonesia menyampaikan Pemkab Sintang sangat konsen dengan persoalan gizi terutama pencegahan stunting. “untuk itulah kami ingin turut membantu Pemkab Sintang dengan membantu penyediaan akses air bersihdan sanitasi. Kita juga terus bantu kampanyekan stop buang air besar sembarangan dan cuci tangan dengan sabun. Program penyediaan air bersih dan sanitasi ini, kami rencanakan berlangsung kurang lebih satu tahun dSintang sehingga akan berkahir Juli 2019 nantiPada tahap ini, kami melaksanakan program di Kecamatan Sepauk, Sungai Tebelian, Tempunak, Kelam Permai, dan Kecamatan Kelam Permai masing-masing lima desa sehingga total 25 desa. Kami berharap, program ini bisa membantuk menurunkan angka diare dan mencegah stunting. Terima kasih kepada Pemkab Sintang sudah menyambut baik program kami iniMudah-mudahan program ini bermanfaat bagi anak-anak di lima kecamatan yang menjadi lokasi proyek kami yang sudah dibantu juga oleh P&G” terang Margareta Siregar.
Kartiyus Duta Stunting Kabupaten Sintang yang juga Kepala Bappeda menjelaskan kaitan antara air bersih dengan pencegahan sunting. “saat ini 1 dari 5 orang Indonesia masih buang air besar secara sembarangan. 20 persen kesehatan manusia disebabkan oleh sanitasi. Sanitasi yang baik juga harus didukung perilaku sosial yang baik. Saat ini, dari 100 bayi di Sintang, 44 orang diantaranya terkena stunting. Maka kita terus kampanyekan pencegahan stunting ini sebagai sebuah investasi jangka panjang. Maka kami minta kepadpemerintahan desa agar sama-sama berjuang memperbaiki sanitasi dan menyediakan air bersih. Kami juga minta pendanaan melalui ADD untuk mendanai penyediaan air bersih dan sanitasi di masing-masing desa. Saya yakin kalau semua desa bisa merespon program ini, maka dampaknya sangat luar biasa. Kita sudah dorong penguatan pencegahan stunting pada desa dan kampung yang angka suntingnya tinggi. Korelasi antara sanitasi dengan sunting sangat tinggi. Contohnya setiap daerah yangsanitasinya rendah, angka stunting juga tinggi. Serawai dan Nanga Tebidah merupakan daerah yang sanitasinya rendah sehingga angka stuntingnya tinggi” terang Kartiyus.

Previous
« Prev Post