Kategori

POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENGANTISIPASI PERKEMBANGAN MEDIA SOSIAL

SuaraSintang.com-Sintang: Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M. Med.Ph membuka kegiatan Talk Show pola asuh orang tua dalam mengantisipasi perkembangan media sosial di kabupaten sintang tahun 2017 yang bertema Dengan Talk Show Kita Tingkatkan Kewaspadaan Sejak Dini Melalui Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengantisipasi Perkembangan Media Sosial yang di laksanakan Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Kabupaten Sintang, yang turut di hadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Dra.Yosepha Hasnah,M.Si, Ketua TPPKK Kabupaten Sintang Rosinta Askiman,Psikolog Anak Tika Bisono, Unsur Forkopimda,Unsur Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Sintang dan unsur-unsur terkait lainnya di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Sintang.(selasa pagi,21/11/17)

Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan sangat menyambut baik terhadap kegiatan talk show ini, terlebih yang di bahas terkait pola asuh anak dengan mendatangkan narasumber yang sangat berkompeten yakni merupakan psikolog yang cukup di kenal di tingkat nasional yakni Tika Bisono, karena menurutnya di tengah era digitalisasi yang masiv saat ini yang di dalamnya media sosial seperti facebook,twitter dan lain sebagainya begitu akrab di tengah masyarakat yang menimbulkan tantangan baru bagi setiap orang tua dalam mengasuh anak-anaknya.
“kita tahu bahwa media sosial merupakan salah satu ancaman yang harus di lawan dengan literasi, mengingat dampak yang di suguhkan di media sosial bisa buruk dan bisa baik bahkan menyesatkan”kata jarot

Jarot menjelaskan setiap orang tua pasti menginginkan buah hatinya tumbuh jadi anak yang cerdas secara kognitif, emosional, maupun spritual. Untuk itu kita harus menyadari bahwa pertumbuhan dan perkembangan anak sudah seharusnya di perhatikan dan di jaga dengan baik oleh setiap orang tua karena hal itu menentukan kualitas hidup anak di masa depan.

“peran dari pola asuh orang tua menjadi sangat penting yaitu cara mendidik anaknya karena jika kita melihat karakter anak di era digitalisasi ini sudah tidak tepat kita memakai pola asuh otoriter dan pola asuh permisif, namun yang tepat kita gunakan yakni pola asuh demokratik”jelas jarot

Jarot menambahkan melihat perkembangan kemajuan jaman dengan teknologi yang cukup pesat saat ini, generasi sekarang adalah generasi Z yakni generasi yang tergantung kepada handphone,smartphone, internet dan lain sebagainya karena semua serba mudah di akses.

“dari kecil udah tau smartphone,main game pake smartphone, bahkan smartphone jadi teman baik, ingat smartphone itu tidak punya jiwa tidak pantas jadi kawan, smartphone hanya jadi alat kita berkomunikasi, kren boleh tapi kren yang bertanggungjawab”ujar jarot kepad para pelajar yang hadir. Untuk itu dirinya berharap dengan talk show ini khusunya para pelajar dapat mengambil manfaat dari materi yang di sampaikan sehingga kedepnnya akan terwujud generasi sintang yang cerdas,sehat, maju, religius, dan sejahtera dengan menjadikan anak-anak sebagai focus dan pondasi dalam mewujudkan visi tersebut di kabupaten sintang.

Kepala Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Kabupaten Sintang Idham Halik mengatakan pelaksanaan kegiatan sosialisasi program nasional bagi anak indonesia merupakan program yang di sepakati negara-negara anggota PBB dengan bertujuan meningkatkan hidup sehat, penyediaan pendidikan yang berkualitas, sehat, eksploitasi terhadap anak dan lainnya, salah satu langkah tersebut yakni yang di laksanakan saat ini Talk Show pola asuh orang tua dalam mengantisipasi perkembangan media sosial di kabupaten sintang tahun 2017.

“tujuan di gelarnya kegiatan tersebut yakni agara semua komponen bangsa Indonesia yakni negara,pemerintah, pemerintah daerah,masyarakat, keluarga, orangtua serta individu secara bersama-sama mewujudkan pemenuhan hak dan perlindungan anak termasuk pencegahan kekerasan dan diskriminasi terhadap anak”kata Idham.(hmsBupStg/editor:ian)

Previous
« Prev Post