KRATOM/PURIK SOLUSI EKONOMI MASYARAKAT KAPUAS HULU

SuaraSintang.com-Kapuas hulu kalbar: Penghasilan disektor pertanian membuat para petani menjadi linglung untuk menambah pengasilan sehari-hari. karet turun, kerja emas belum ada wilayah yang legal dikerjakan, kerja kayu pun sekarang menjadi polemik dikapuas hulu ini.
Saat ditemui media ini salah seorang warga bernama pak udin warga kedamin hulu, kalau kondisi ekonomi dikapuas hulu seperti ini kami tidak yakin bisa menyekolahkan anak-anak kami, karena untuk makan saja sudah susah.”ungkapnya
Sekarang KRATOM/PURIK lah yang menjadi sandaran hidup kami (masyarakat), disamping harga yang lumayan mahal, pengerjaannya juga mudah dan penanamannya pun tidak mempersulit petani.
Kratom tidak perlu perawatan khusus dan istimewa karena tumbuhan ini sangat tahan apalagi dengan genangan air,” tapi yang sangat kami sayangkan sampai hari ini kejelasan hukum tentang tumbuhan ini belum jelas”, ada pihak yang mengatakan tumbuhan ini mengandung narkoba dan ada pihak lain (pembeli) yang membeli seakan-akan kratom tidak ada permasalahan sehingga bukan sedikit tanah yang di jadikan lahan perkebunan kratom,”jelas udin
Dengan demikian kami berharap dengan pemerintah baik pemerintah daerah, provinsi dan pusat agar secepatnya memberi solusi tentang tanaman ini, terutama tentang kejelasan hukum,”Kami khawatir jika tidak ada kejelasan nanti masyarakat terjebak didalam persoalan hukum yang belum jelas”.
Sekarang kami hanya bisa pasrah saja, kami sangat berharap pemerintah ikut campur dan mencari jalan terbaik bagi masyarakat kapuas hulu yang 50% menggantungkan hidup di kratom ini.”tegas udin.(dian/Mardiansyah)

Previous
« Prev Post