Kategori

DANREM 121/ABW HADIRI PERINGATAN HARI JUANG INFANTERI TNI ANGKATAN DARAT KE-75 TAHUN 2023


Entikong,Sanggau - Danrem 121/Abw Brigjen TNI Luqman Arief, S.I.P., menghadiri Upacara Hari Juang Infanteri TNI AD ke-75 Tahun 2023 yang digelar di PLBN Entikong, Sanggau, Kalimantan Barat, Selasa (19/12/2023). 
Bertindak sebagai Inspektur Upacara Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Iwan Setiawan, S.E., M.M., kegiatan ini juga dihadiri oleh Kapolda Kalbar Irjen Pol. Pipit Rismanto, SIK,. M.H., para pejabat umum Kodam XII/Tpr, para Pejabat Polda Kalbar, Korem 121/Abw dan jajaran serta seluruh prajurit jajaran Kodam XII/Tpr.

Dalam amanat Danpussenif Letjen TNI Dr. Anton Nugroho, M.M.D.S., M.A., yang dibacakan oleh Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Iwan Setiawan, S.E., M.M., mengatakan, selaku Danpussenif dan pribadi, saya mengucapkan selamat memperingati Hari Juang Infanteri ke-75 kepada segenap prajurit Korps Infanteri dimanapun berada dan bertugas. Hari Juang Infanteri adalah hari yang ditetapkan sebagai momentum bersejarah bagi Korps Infanteri yang terjadi saat perang kemerdekaan dimana memiliki nilai historis yang tinggi. 

"Salah satu catatan peristiwa penting yang menjadi tonggak sejarah Infanteri adalah peristiwa saat menghadapi agresi militer Belanda ke 2 tanggal 9 Desember 1948 dimana pada saat itu, Panglima Besar Jenderal Soedirman mengeluarkan perintah kilat yang di tujukan kepada Angkatan Perang Republik Indonesia untuk menjalankan rencana yang sudah ditetapkan, yaitu rencana untuk melawan musuh dengan melaksanakan perang rakyat semesta", Jelasnya. 


Dari peristiwa tanggal 19 Desember 1948, nilai-nilai perjuangan para pahlawan yang memenangkan pertempuran Ambarawa dalam menghadapi tentara Belanda sehingga diabadikan sebagai Hari Juang Infanteri. Peristiwa menarik dibalik Hari Juang Infanteri ini mempunyai arti yang penting karena bangsa Indonesia dengan Mati-matian merebut kembali Kota Ambarawa dan berhasil memukul mundur Sekutu. Hari Juang Infanteri simbol kejayaan dan kemuliaan, yang harus di junjung tinggi Korps Infanteri adalah Korps yang terbesar di TNI Angkatan Darat, Tambahnya. 

Danrem 121/Abw Brigjen TNI Luqman Arief, S.I.P., pada kesempatan ini juga mengucapkan selamat memperingati Hari Juang Infanteri TNI AD ke-75 Tahun 2023 bagi segenap prajurit Infanteri dimanapun berada, khusunya di jajaran Kodam XII/Tpr.


"Melalui peringatan Hari Juang Infanteri ini, kita TNI selalu diberikan kesehatan, kelancaran dalam bertugas serta menjadi prajurit Infanteri TNI Angkatan Darat yang Profesional, Moderen dan Di cintai Rakyat", Harap Danrem.

Sumber berita : Penrem 121/Abw.

Previous
« Prev Post